Pengertian,Jenis dan Fungsi Drone (Fly Robot)

Pengertian,Jenis dan Fungsi Drone (Fly Robot)

Pengertian,Jenis dan Fungsi Drone (Fly Robot) - Di masa sekarang ini teknology semakin berkembang pesat. Terutama didunia Robotik, Diantara jenis-jenis robot. Penulis ingin membahas di artikel kali ini mengenai Flying Robot atau biasa disebut dengan Drone. Melihat banyak nya anak muda yang asik memainkan sebuah Drone, mungkin masih ada beberapa yang asing dengan alat yang satu ini dan mulai bertanya-tanya mengenai drone, sebelumnya orang menyebut drone dengan istilah UAV, kemudian berubah menjadi Hovering RTH,IMU dan sekarang menjadi istilah drone. Alat canggih yang satu ini banyak digunakan untuk dapat mengerjakan berbagai macam keperluan ilmu pengetahuan dan pengembangan teknology. Awalnya alat ini hanya digunakan didunia militer. Namun, seiring berkembangnya jaman kini alat ini dapat dimainkan oleh siapa saja, bagi pembaca sekalian yang ingin mengetahui teknologi drone, Yuk! langsung simak ulasan artikel dibawah ini.

A. Pengertian Drone
Secara umum, Drone adalah salah satu teknologi canggih yang berupa alat kendaraan udara. Bentuk dari drone itu sendiri menyerupai pesaewat terbang atau helikopter, tapi cenderung berbentuk helikopter yang dioperasikan tanpa awak atau tanpa pilot. Jika pesawat di kendalikan oleh pilot di dalam kabin lain hal nya dengan drone, drone dikendalikan menggunakan remote control untuk dapat mengntrol pada saat terbang di udara. Kalau menurut penulis sendiri, Drone adalah sebuah alat canggih yang dapat terbang diudara tanpa menggunakan awak pilot dan dikendalikan menggunakan remote control. Karena kecanggihan Drone di dunia militer alat ini digunakan sebagai pengamat suatu wilayah ataupun untuk memata-matai posisi musuh, terkadang juga digunakan untuk melakukan sebuah misi yang memiliki resiko tinggi.

Walaupun alat ini digunakan di dunia militer, seiring perkembangan zaman dan diiringi dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, Drone sudah bisa dipakai oleh masyarakat luas. jika pembaca sekalian sudah tidak asing lagi dengan Drone maka pembaca sekalian harus tahu juga jenis-jenis dari drone itu sendiri. Ada drone yang digunakan untuk kepentingan militer dan ada juga drone yang digunakan untuk penggunaan umum, Contoh nya sebagai mainan, sebagai RC, untuk penelitian dan masih banyak lagi.

Untuk Ukuran Drone yang digunakan khusus Militer atau badan pemerintahan, memiliki ukuran yang cukup besar dan memiliki fitur fitur yang dapat membantu misi-misi yang cukup extrime. Di lengkapi dengan control yang sangat jauh, Kamera yang dapat digunakan untuk melihat situasi, dan Drone ini kemungkinan dapat membawa benda yang berisi makanan ataupun alat-alat kebutuhan perang. Jadi peran Drone di dunia Militer maupun Pemerintahan memiliki peran yang cukup penting. Sedangkan Untuk komersial atau untuk penggunaan umum, mamiliki ukuran yang cukup sedang. dan dilengkapi dengan camera yang canggih pula. Berikut ini merupakan Fungsi dari drone itu sendiri

B. Fungsi Drone
  • Untuk dapat melakukan berbagai aktifitas intelejen. Maksud disini Drone dapat membantu dunia militer dalam berbagai hal, Seperti misi pengintaian, misi penyelamatan dan seiring perkembangan zaman, drone digunakan untuk membantu dalam proses penyerangan dibekali dengan pengontrol yang canggih serta senjata yang memumpuni.
  • Dapat memonitor seluruh bagian wilayah yang di amati.  Gunanya untuk mengamati daerah geografis yang sedang di amata sebagai bahan penilitian. atau pemetaan suatu wilayah tertentu.
  • Dapat digunakan sebagai Pemetaan jalur Udara. Maksud disini, dapat membantu dalam mengukur pemetaan untuk membuat suatu bangunan. Jadi, dengan bantuan drone di pemerintahan dapat mengawasi serta mengecek lebih lanjut mengenai pemetaan wilayah
  • Dapat digunakan untuk memonitoring arah angin. Seperti yang kita ketahui selain menggunakan penyaring posisi arah angin di bandara, bisa juga dilakukan dengan menggunakan drone sebagai penanda arahnya angin yang bertiup.
  • Dapat digunakan untuk membawa dan mengantar barang. Seiring perkembangan zaman, Drone sekarang mulai digunakan sebagai pengantar paket kiriman, jadi dengan adanya metode ini dapat mempercepat dan memotong ongkos pengiriman.
  • Dapat digunakan dalam keadaan darurat untuk menolog korban bencana alam. Dengan begini kita dapat mengefakuasi korban benca dengan sigap dan cepat tanpa harus menelusuri daerah daerah yang terkena bencana. Jadi fungsi drone disini dapat membantu untuk mengefakwasi korban dengan cepat dan sigap.

Drone Militer
C. Jenis-Jenis Drone
Mungkin penulis tidak akan membahas lebih banyak mengenai jenis -jenis drone. Nah ini dia jenis-jenis drone yang mungkin para pembaca sekalian belum pernah mengetahui drone tersebut.

1. Quadcopter
Ya ini dia Quadcopter. Inilah jenis drone sipil yang paling awal popiler di dunia. Jenis yang satu ini mungkin bisa pembaca dapat di pasaran. Modelnya yang menggunakan 4 baling-baling sebagai tenaga penggeraknya yang memiliki formasi berbentuk persegi. ke-4 tersebut memiliki fungsi untuk mengangkat dan membuat drone berbelok ke kanan ataupun ke kiri. Drone dengan 4 baling-baling ini didesain tanpa menggunakan kepala, sehingga pembaca sekalian dapat mengatur aranhnya sesuka hati.
Rata-rata drone ini dilengkapi dengan sebuah kamera yang terletak di bawahnya, dan memiliki size tidak terlalu besar. Dilengkapi camera dengan kualitas yang cukup memumpunilah. Yaitu, HD atau biasa disebut dengan (High Definition) Untuk memberikan gambar yang cukup jelas serta terang. Drone ini menggunakan batre dengan jenis lippo yang memiliki kapasitas yang kecil. Cukup terbang dengan waktu 5-10 menit.

2. GPS Drone
Yap drone ini merupakan drone yang selalu terhubung dengan dengan GPS. Keistimewaan drone ini bisa kembali ke titik awal pada saat keberangkatan tanpa menggunakan Remote control. Mungkin pembaca sekalian harus memprogram terlebih dahulu melalui komputer. Sehingga dapat diatur kapan berangkat dan dimana titik awal saat keberangkatan hingga jarak maksimal yang ditempuh karena drone ini sudah terbang secara otimatis.

3. Trick drone
Mungkin banyak pembaca sekalian yang belum tau apa itu trick drone. Jika pembaca sedah mulai mengerti dan bisa untuk mengendalikan RTF drone. Mungkin Drone yang 1 ini patut di coba. Selain itu drone ini bisa melakukan sebuah manuver yang cukup extrime seperti berputar ke bawah maupun ke atas. karena drone ini digunakan khusus untuk melakukan trik.

4. RTF Drone
Drone ini menggunakan sistem remote control yang cukup mudah, karena Drone ini merupakan drone yang dikhususkan untuk pemula. Mungkin saran penulis ini merupakan drone yang cocok bagi pemula. Ready To Fly merupakan singkatan dari Drone RTF, dan yang unik dari drone ini adalah bentuknya yang kecil sehingga mudah untuk dikendalikan.

5. Delivery Drone
Yak ini dia drone yang lagi dikembangkan di dunia marketing dan pengiriman. Mungkin pembaca sekalian sudah tau apa fungsi dari drone ini. Yap!, Drone ini digunakan untuk melakukan perjalanan pengiriman paket ke suatu tempat yang sudah dituju. awalnya drone ini digunakan untuk membantu perusahaan Online AMAZON dalam pengiriman paket barang yang dilengkapi dengan keranjang untuk mengater pesanan paket

6. Helicopter Drone
Ini dia Drone yang pertama kali diciptakan. menggunakan 2 baling baling dengan 1 baling-baling sebagai penggerak utama.  Drone ini hanya menggunakan 1 mesin saja. Hampir sama dengan hilicopter asli yang biasa digunakan oleh pihak militer atau pemerintahan. Drone ini sangat mudah digunakan dengan dibuat melayang dan tetap berada pada satu titik saja. Menerbangkan drone inipun relatif lebih mudah dibandingkan dengan drone yang lainnya, Begitu pula saat mendarat.

7. Photography Drone
Ini dia Drone yang paling disukai oleh photographer, namanya aja udah photography pasti drone ini digunakan untuk memotret donk. Yap! Drone ini dilengkapi dengan camera dengan resolusi yang cukup tinggi untuk mendapatkan hasil potretan yang bagus, serta anti Shake pada drone agar photo menghasilkan jepretan yang berkualitas. dilengkapi dengan sistem keseimbangan yang cukup memumpuni untuk mengurangi perubahan arah pada saat memotret.


***
Tag : Robotic
0 Komentar untuk "Pengertian,Jenis dan Fungsi Drone (Fly Robot)"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top