Pengertian,Fungsi dan Cara Kerja Sensor Proximity

Pengertian,Fungsi dan Cara Kerja Sensor Proximity

Mungkin di benak pembaca sekalian belum mengetahui apa itu sensor, Sensor adalah suatu benda yang digunakan untuk mendeteksi adanya suatu perubahan lingkungan fisik ataupun kimia yang signifikan. Variabel keluaran dari Sensor yang diubah menjadikan sebuah besaran listrik yang disebut dengan Transduser. Dilingkunngan dunia industri, sensor berperan aktif dalam sebuah mesin, dengan adanya sensor, mesin dapat bekerja secara otomatis.

Sekarang sensor memiliki beberapa jenis dan fungsinya masing-masing, semakin berkembangnya zaman, kebutuhan akan sensor semakin banyak digunakan, oleh karena itu sensor tidak bisa dilepas dalam kehidupan sehati hari.

A. Sensor Proximity
Sensor proximity adalah alat mendeteksi yang dapat mendeteksi adanya target jenis logam dengan tanpa adanya kontak fisik. Biasanya alat ini tediri dari bagian elektronis solid-state yang terbungkus rapat untuk melindungi dari pengaruh fisik ataupun Kimia yang berlebihan. Sensor ini dapat mendeteksi benda logam maunpun non logam, sensor proximity hanya mendeteksi "keberadaan" objek yang di baca, bukan "kuantitas" objek yang dibaca oleh sensor.

Sensor procimity terdiri dari 3 jenis, masing-masing jenis tersebut memiliki perbedaan yang benda yang di deteksi pun juga berbeda. Tanpa basa-basi langsung saja kita bahas ke 3 sensor tersebut dibawah ini.


1. Inductive Proximity

Inductive Proximity merupakan sensor proximity yang berfungsi untuk mendeteksi objek yang berupa logam. Prinsip kerja dari sensor ini apabila ada tegangan sumber yang ada pada sensor ini maka akan membangkit medan magnet yang ada didalam sensor. Apabila sebuah logam di dekatkan pada permukaan sensor inductive.

Perubahan tegangan sumber yang ada pada sensor ini akan dideteksi sensor sebagai sebuah sinyal adanya objek. Kelemahan pada sensor ini yaitu, jarak antara sensor dan benda harus dekat dan bahkan harus menyentuh objek yang akan di deteksi, jadi kemungkinan permukaan sensor dapat dengan mudah rusak atau kotor. Sehingga sensor tidak dapat mendeteksi benda tersebut.

Proximity Inductive
Cara kerja Proximity Inductive

2. Capasitive Proximity
Sensor Capasitive Proximity adalah sensor yang mampu mendeteksi benda logam atau non logam. maksudnya sensor ini dapat mendeteksi objek apa saj yang di lewatinya. Prinsip kerja dari sensor ini adalah mengukur perubahan kapasitansi pada medan listrik sebuah kapasitor yang di sebabkan adanya objek yang mendekatinya. Capasitive Proximity biasanya digunakan pada bumper mobil yang digunakan sebagai sensor saat mobil akan parkir. karena sensor ini dapat mendeteksi benda-benda pada jarak tertentu.
Capastive Proximity
Capastive Proximity

3. Optic Proximity

sensor ini merupakan sensor yang mendeteksi benda dengan memanfaatkan cahaya sebagai alat pendeteksinya, cahaya yang digunakan dalam sensor ini yaitu caha Infra red. sensor ini terdiri dari sebuah cahaya dan penerima (Receptor). jika benda yang lewat mengenai cahaya dari sensor, maka cahaya akan memantulkan kembali ke Receptor dan mengidentifikasi adanya benda yang tertangkap oleh sensor. Sensor ini tidak mengenal jenis bahan pada benda (Logam atau Non Logam).

Kekurangan yang terdapat pada sensor ini yaitu lensa kotor, cahaya yang kabur dan permukaan yang buruk. Terkadang membuat sensor sulit untuk menerima sinyal bahwa benda sudah terdeteksi oleh Receptor

 
Optic Sensor
Optic Sensor 

B. Fungsi Sensor
Di kehidupan kita sehari-hari, kita pasti selalu menggunakan sensor sebagai alat bantu kita, berikut ini merupakan fungsi dari sensor :

~ Sensor Finger Print pada ponsel digunakan untuk memberikan keamanan Smartphone, pada Finger Print digunakan sensor untuk mendeteksi sidik jari
~ Sensor Cahaya pada Smartphone digunakan untuk membuat redup atau mencerahkan layar pada smartphone
~ Sensor Rotari pada Smartphone, digunakan untuk membuat layar smartphone saat nonton menjadi miring dengancara mengubah posisi layar Potret atau Landscape.
~ Sensor Suhu pada AC, digunakan untuk mengatur suhu ruangan, apabila suhu sudah memebuhi syarat ketentuan dingin suatu ruangan, maka sensor tersebut akan mengatur suhu yang dikeluarkan olah AC.

C. Cara Kerja Sensor

Pada dasarnya Sensor memiliki banyak jenis dan tipe, ada yang menggunakan magnet, cahaya bahkan sumber mekanik seperti (limit switch). Cara kerja sensor pada umumnya sama yaitu. Apabila Sensor mendeteksi suatu benda, dan benda tersebut lewat tepat di depan permukaan sensor, maka sensor akan mengirimkan sinyal keluaran atau (output) dan disalurkan ke penerima (Controller) digunakan sebagai hasil Input.

D. Sensor PNP dan NPN

Seperti yang kita ketahui, ternyata sensor ada 2 tipe loh, yaitu NPN dan PNP, nah PNP dan NPN merupakan isi dari rangkaian sensor yang akan mengeluarkan suatu output berupa singayl "+" atau sinyal " - ".

Sensor NPN
Sensor ini disebut Sinking sensor, merupakan sensor yang rangkaian dalamnya menggunakan Transistor dan detektor NPN. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
Sensor NPN

Dari gambar diatas, detektor mendapatkan inputan sumber tegangan. Pada saat ada benda yang lewat di permukaan sensor, maka sensor akan membaca dan mengeluarkan sebuah Output " - " yang dihasilkan oleh transistor NPN.


Sensor PNP
Sourcing Sensor atau bisa dibilang Sensor Tipe PNP, Sensor ni merupakan lawan dari tipe NPN, Juka keluaran dari sensor NPN adalah Negativ, maka Sensor tipe PNP akan mengeluarkan Positif. untuk lebih jelas mengenai sensor PNP bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
Sensor PNP


***
Tag : Electrical
5 Komentar untuk "Pengertian,Fungsi dan Cara Kerja Sensor Proximity "

Untuk Sensor Proximity Magnet ada gak gan?

Kalo untuk sensor Proximity magnet ada, cara kerjanya hampir sama dengan proximity induktive.. cuman yang ngebedakan gaya tariknya untuk mengaktifkan sensor

jenis sensor manakah yang tepat jika digunakan untuk menetahui water level pada boiler?

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top