Pengertian,Fungsi dan Cara Kerja Relay


A. Pengertian Relay
Mungkin sebagian dari pembaca sekalian yang baru mendengar istilah "RELAY" pada bingung, "Relay itu apa sih?". Relay adalah sebuah komponen elektronika yang bekerja berdasarkan elektromagnetik untuk menggerakan sejumlah kontaktor pada relay yang dapat dikendalikan dari rangkaian elektronik lainnya dengan memanfaatkan tenaga listrik sebagai sumber energ penggeraknya. Pada kontaktor NO akan tertutup apabila relay menyala (aktif), dan kontaktor NC akan terbuka apabila relay menyala (aktif). 
Relay terdiri dari 3 bagian utama, yaitu :

  1. Common, merupakan bagian yang tersambung dengan NC (dalam keadaan awal).
  2. Koil, merupakan komponen utama relay yang digunakan untuk menciptakan medan magnet pada relay.
  3. Kontak, yang terdiri dari NC dan NO.
Pada pembahasan kali ini kita akan membedah apa saja isi yang terdapat pada relay, mulai dari kontak relay, susunan kontak yang ada pada rilay, cara relay bekerja. Tanpa basa-basi langsung aja kita bahas mengenai relay dibawah ini.

1. Kontak Relay

Pada relay terdapat kontak yang masing-masing kontak memiliki jumlah kontak yang berbeda-beda, ada yang jumlahnya cuman 2,4,8,16 dan masih banyak lagi, tergantung dengan ukuran pada relay tersebut. Pada relay memiliki 2 jenis kontak, yaitu kontak NO dan Kontak NC, kontak ini memiliki 1 keterkaitan yang sama. namun memiliki peran yang berbeda-beda pula. untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
Kontak Relay
NC (Normaly Close)
Gambar di atas merupakan gambar kontak NC (Normaly Close), Normaly Close atau dalam bahasa indonesia kalau di artikan berarti keadaan normal yang tertutup. maksudnya disini keadaan normal ketutup yaitu, kondisi awal pada saat belum terjadi tekanan atau perubahan fisik maka keadaan  awalnya masih tertutup, jika terjadi perubahan pada Normaly Close maka yang terjadi akan memutuskan suatu sistem atau arus.
Kontak RelayNO
NO (Normaly Open)
Gambar diatas merupakan gambar dari kontak NO (Normaly Open). Normaly Open atau dalam bahasa indonesia kalau di artikan berarti keadaan normal kebuka, maksudnya di sini keadaan normal kebuka yaitu, kondisi awal pada saat belum terjadi tekanan perubahan keadaan awalnya masih terbuka oleh sebab itu kondisi ini  disebut juga dengan Normaly Open.

2. Jumlah Kontak 
Jumlah kontak pada relay tergantung dengan pemakaian si pengguna, ada jumlah kontak cuman 2 dan bahkan ada yang jumlahnya 16, Jumlah kontak relay tergantung dengan ukuran relay dan jumlah voltase pada relay, biasanya semakin tinggi voltase pada relay maka semakin banyak kontak yang ada pada relay.

3. Inputan Pada relay.
Relay memiliki inputan yang berbeda-beda, tergantung dengan jumlah kontak pada relay, biasanya inputan yang terdapat pada relay tertera pada kesing relay, disitu kalian bisa lihat mana inputan, kontak NC, kontak NO dan tempat pemberian tegangan pada relay.

B. Prinsip Kerja relay

Relay merupakan komponen listrik yang mempunya prinsip kerja magnet dengan induksi listrik yang disalurkan. Relay terdiri bagian utama sebagai berikut.
  1. Coil atau Kumparan, merupakan lilitan gulungan kawat yang mendapat arus listrik. 
  2. Contact, adalah sejenis saklar yang pergerakannya tergantung dari ada tidaknya arus listrik di coil tersebut. Contact terdiri dari 2 jenis yaitu NO dan NC.
Prinsip Kerja relay
Cara kerja Relay :
  1. Saat Coil mendapatkan tegangan listrik maka akan menimbulkan gaya elektromanetik.
  2. Gaya magnet yang ditimbulkan akan menarik lengan kontak yang berpegas, sehingga menghubungkan 2 titik contact NO ataupun NC.
C. Fungsi Relay
Kegunaan relay dalam dunia elektronika sangat banyak, bahkan relay juga digunakan dalam dunia elektrinika. Hanya saja kebanyakan relay yang digunakan dalam teknik elektronik adalah relay dengan voltase kecil sepert6 Volt, 12 Volt, 24 Volt.

Berbeda dengan teknik listrik yang memakai relay 220 Volt dan 110 Volt. Namun ada juga dalam teknik elektronika yang memakai relay dengan voltase tinggi. Walau ada perbedaan pemakaian voltase tersebut, relay memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai alat pengganti saklar yang berifat otomatis, dalam dunia industri bekerja untuk mengontrol atau membagi arus listrik ataupun sinyal lain ke sirkuit rangkaian lainnya.


D. Bentuk dan Simbol

Pada gambar dibawa merupakan contoh bentuk dan simbol pada relay, untuk bentuk mungkin pembaca sekalian sudah mengetahuinya, semakin besar bentuk dari relay maka semakin banyak kontak yang terdapat pada relay tersebut. Persis yang saya bilang tadi, simbol pada relay juga seperti itu.



E. Pengertian Pole dan Throw 

Munkin pembaca sekalian pada bingung, apaitu Pole? dan apa itu Throw yang terdapat pada relay?. karena relay merupakan 1 jenis dengan saklar, maka ke dua istilah tersebut memang sudah ada pada relay. Pole adalah banyaknya (Contact) yang dimiliki oleh sebuah relay, sedangkan Throw adalah kondisi yang dimiliki oleh sebuah (Contact) pada relay. Untuk lebih jelasnya mengenai Pole dan Throw bisa dilihat pada gambar dibawah ini.



F. Aplikasi Relay
  1. Sebagai pengendali rangkaian tegangan tinggi (AC) melalui sinyal tegangan rendah (DC).
  2. Sebagai pengendali rangkaian dengan arus yang tinggi (AC) melalui sinyal arus kecil (DC).
  3. Sebagai pendeteksi kegagalan pada jalur transmisi dan distribusi dengan membuka atau menutup MCB.
  4. Sebgai penghindar dari bentrokan rangkaian.
  5. Sebagai pelindung rangkaian pengendali dari rangkaian yang dikendalikan jika potensial yang digunakan berbeda.
  6. Sebagai fungsi logika. 
  7. Relay dapat digabungkan dengan sebuah timer untuk mendapatkan fungsi penunda waktu yang dibutuhkan oleh penggunanya.
  8. Relay juga berfungsi untuk melindungi Motor maupun komponen lainnya dari kelebihan tegangan ataupun hubung singkat arus listrik (Short).
G. Keunggulan Relay
  1. Menggunakan arus yang  kecil untuk mengendalikan peralatan dengan arus yang tinggi seperti atus AC.
  2. Dengan menggunakan relay dapat mengendalikan lebih dari satu kontak.
  3. Dapat membuat suatu sistem menjadi Otomatis.
***
Tag : Electrical
0 Komentar untuk "Pengertian,Fungsi dan Cara Kerja Relay"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top