Menggunakan 4 Kabel Sensor PNP dan NPN pada Input Module PLC

Menggunakan 4 Kabel Sensor PNP dan NPN pada Input Module PLC

Menggunakan 4 Kabel Sensor PNP dan NPN pada Input Module PLC - Di dunia kontrol industri, sensor digunakan untuk membantu dalam program kontrol umtuk melakukan fungsi dari tugasnya (Sensor) sesuai dengan kemampuan dan kapabilitasnya dalam bekerja. Sensor adalah bagian dari industri sebagai indra perasa pada mesin, sensor juga digunakan untuk memastikan keamanan peralatan pada mesin / sebagai safety indikator. Salah satu cara umum untuk menghubungkan sensor dengan input digital ke PLC adalah menggunakan rangkaian kabel sinking atau sourcing. Dalam artikel kali ini, penyusun akan membahas perbedaan mendasar antara terminologi sinking dan sourcing saat menggunakan PLC. Salah satu yang penyusun jelaskan secara spesifik adalah bagaimana cara sensor PNP dan NPN yang memiliki 4 kabel digunakan pada modul input PLC. 

Sensor PNP dengan 4 Buah Kabel (4 Wires)
Pada penjelasan kali ini ,penyusun mengambil sample salah satu sensor yang menggunakan 4 buah kabel sebagai samplenya, yaitu sensor seri "OMRON E3AS" dengan tipe photoelectric sensors". Berikut ini adalah contoh sensor yang digunakan. 

Sensor Omron

Gambar di bawah ini merupakan struktur warna kabel sensor yang memiliki 4 buah kabel. Diantaranya yaitu coklat, biru, hitam dan putih. warna coklat dan biru merupakan sumber input tegangan ke sensor, sedangkan pada warna putih dan hitam adalah kabel signal atau keluaran output dari sensor. Pada gambar Signal di jelaskan bahwa sensor memiliki 2 buah kabel signal output yaitu "NO" dan "NC" . Gambar dibawah merupakan diagram sensor yang menggunakan PNP. Untuk warna hitam biasanya digunakan sebagai output NO (Normaly Open). Sedangkan pada kabel warna putih, digunakan sebagai ouput sensor NC atau biasa disebut juga dengan (Normaly Close). 

Diagram Sensor 4 Kabel

Untuk lebih detail secara spesifik dari sensor E30AS-L (OMRON) bisa dilihat pada datasheet berikut ini:

Data Sheet sensor OMRON E30AS-L models


Selain itu user / pembaca sekalian juga harus memperhatikan pada datasheet sensor yang menjelaskan tentgang standrad I/O mode (SIO Mode) *Jika datasheet yang didapat lengkap dan ada menjelaskan tentang output signal sensor yang harus di sambungkan ke module Input PLC. Untuk lebih jelasnya sebagai referensi bisa dilihat pada gambar di bawah ini:



Rangkaian Module Input PLC Menggunakan Sensor PNP 4 Kabel
Berikut ini penyusun menjelaskan sedikit terlebih dahulu tentang module input yang disambungakn dengan sensor PNP. Sebagai sample yang penyusun gunakan, disini penyusun menggunakan jenis PLC 2080-LC20-20AWB dengan brand MICRO820 allen bradley. Penyusun mendapatkan informasi tentang kemampuan dari module input PLC jenis ini yang mana di jelaskan melalui datasheet kalau module ini hanya mampu menerima 3 input dari sensor bertipe sinking (PNP)


Berikut ini adalah salah satu contoh bagaimana sensor sinking atau PNP di pasangkan dengan module input dari PLC.



Pada penjelasan datasheet yang penyusun dapatkan, terdapat 3 buah port yang dapat digunakan unutk sinking sensor, yaitu port 1, port 2 dan port 3. Mungkin pembaca sekalian sedikit bingung pada gambar di atas.  dimana gambar tersebut menjelaskan secara keseluruhan / general bagaimana cara merakit wiring sensor baik inpout maupun output. Untuk memperkecil rasa bingung pembaca sekalian, penyusun akan merangkumnya menjadi gambar di bawah ini *wiring sensor PNP to module input PLC.

Pada dasarnya, rangkain sensor PNP 4 kabel hampir sama dengan rangkaian sensor PNP 3 kabel. Yang membedakan dari 4 kabel dan 3 kabel yaitu pada 4 kabel creator bisa menentukan warna kabel (Hitam dan putiih) signal dari sensor yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan dari project. Seperti pada gambar di atas, penyusun menyederhanakan rangkaian sensor PNP yang di pasang pada module input PLC. penyusun hanya mengambil 1 kabel signal di 4 kabel sensor PNP, yaitu warna hitam. Sedangkan 1 kablenya lagi tidak digunakan sama sekali sebagai output sensor. Mungkin gambar di atas bisa menjelaskan secara keseluruhan bagaimana cara merangkai sensor PNP ke modul input PLC.

Sensor NPN dengan 4 Buah Kabel (4 Wires)
Untuk sensor NPN yang menggunakan 4 buah kabel, penyusun mengambil contoh komponen sensor dari product OMRON dengan type Sensor yaitu E30AS-L NPN output. Sensor ini merupakan sensor jenis fotoelektrik yang sama dengan sensor fotoelektrik PNP yang sudah penyusun jelaskan sebelumnya.

NPN Sensor

Kabel dari sensor NPN juga sama dengan sensor PNP yang mana ke-4 kabelnya memiliki warna dan fungsi yang sama. Memiliki 2 buah ouput signal yaitu NO dan NC dengan warna yang sama serta memiliki input current untuk supply sensor dengan warna kabel yang sama pula, Yang membedakan dari ke-2 nya adalah output nya saja, apakah NPN or PNP.

Rangkaian Module Input PLC Menggunakan Sensor NPN 4 kabel
Berikut ini adalah contoh wiring digram yang digunakan pada sensor NPN 4 kabel, ya pada dasarnya rangkaiannya hampir sama dengan sensor 4 kabel PNP yang sudah penyusun jelaskan sebelumnya.


Mungkin cukup sekian penjelasan tentang "Menggunakan 4 kabel Sensor PNP dan NPN pada input module PLC". Jika ada salah kata atau masih kurang paham dalam penjelasan kali ini, bisa langsung komen pada kolom comment dibawah ini ya!.

Sumber: LinkedIn Learning, Khalil Zara, "Input Sensors with PLC : Sinking and Sourcing". Online class, 2024

***

Tag : PLC
0 Komentar untuk "Menggunakan 4 Kabel Sensor PNP dan NPN pada Input Module PLC"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top