Cara membuat Loading Form Circular Progress Bar di C# | Visual Studio Windows form


Cara membuat Loading Form Circular Progress Bar di C# - Apa itu bahasa pemrograman C# (Sharp)?, Well C# program language is a modern, general-purpose programming language that can be used to perform a wide range of tasks and objectives that span over a variety of professions. C# is primarily used on the Windows .NET framework, although it can be applied to an open source platform. Jadi C# merupakan bahasa pemrograman yang modern, dimana bahasa ini mencakup berbagai profesi. C# (C sharp) menggunakan sebuah kerangka Windows .NET, meskipun dapat diterapkan pada platform sumber terbuka. 
    Penggunaan bahasa pemrograman C# sudah banyak digunakan di berbagai bidang, mulai dari industri, pemerintahan, perkantoran, bahkan pada transportasi sekaligus. Hal ini membuktikan bahwa perkembangan teknologi yang semakin masif membuat bahasa pemrograman C# semakin berinofasi untuk mengikuti perkembangan tersebut. 
    Dari pandangan penulis tentang bahasa pemrograman C#, penyusun ingin membagi pengalaman (knowledge) penyusun tentang penggunaan bahasa pemrograman ini. Penyusun tau sudah banyak user, designer dan programmer yang mengembangkan interface bahasa pemrograman ini agar lebih mudah berinteraksi antara pengguna dengan perangkat interface. Di sini penyusun ingin membagikan pengalaman penyusun cara membuat loading form dengan model Circular progress Bar yang biasa penyusun gunakan sebagai form loading awal dari form  yang berbasis Windows

Loading Form C#
Technically, loading form merupakan sejenis efek animasi sebentar yang menunjukkan loading dan akan otomatis mengarah ke form lainnya. Istilah form adalah form yang menampilkan program yang akan dimuat dan digunakan sebagai wadah atau wadah alat kalian. Jadi untuk memuat sebuah form diperlukan sesuatu yang disebut timer, timer ini berfungsi  menjalankan semua fungsi secara otomatis dan tidak memerlukan klik atau apapun kecuali dilakukan jika diperlukan. Pengatur waktu ini merupakan point penting dalam membuat formulir pemuatan karena begitu satu formulir dimuat, peralihan ke formulir lain memerlukan waktu dan waktu. Selain timer (Pengatur waktu), kita juga memerlukan sebuah alat yang biasa disebut dengan progres bar. Jika pembnaca sekalian pernah mendengarnya sebelumnya, box bar (bilah kemajuan) yang berfungsi sebagai fitur pemuatan yang biasanya ditemukan di beberapa fitur game dan aplikasi yang menggunakan pemuatan dalam bentuk kemajuan, seperti pada gambar di bawah ini:

Cara membuat Loading Form menggunakan Bahasa Pemrograman C# (C Sharp)
Lanjut ke sesi penyusun akan membagikan cara mebuat loading form pada form untuuk pemrograman C#, Penyusun berharap dapat membantu pembaca mempermudah cara pembuatan loading form, yuk kita bahas:

1. Setup Form
Pada step pertama penyusun membuat sebuah setup form terlebih dahulu, mulai dari melakukan penyetingan pada ukuran form lalu penyusun juga mengubah background color dari form nya. dan menambahkan fitur loading form yang di sediakan oleh visual studio 2022. Oiya, disini penyusun menggunakan visual studio 2022  untuk membangun code nya ya. Lanjut!

Form kosong

Gambar di atas merupakan form kosong untuk membuat sebuah interface, setelah membuat form kosong, penyusun akan langsung mengarahkan ke step ke dua.

2. Menginstall "Circular Progress Bar"
Lanjut, mencari ke "solution explore" kemudian click kanan pada mouse dan akan muncul sebuah sub -menu, setelah itu Click "Manage NuGet Packages". Hal ini diperlukan  untuk men-download Bar loading yang di sediakan oleh Visual studio 2022. Untuk menunya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


Kemudian, cari di Search bar dengan mengetik "Circular Progress bar" pada step nomer 1 dan install! pada step nomer 2.


3. Setting UI pada "Progress Bar"
Setelah menginstall "Circle progress bar" di lanjutkan dengan mengambil atau drag pilihan icon circle dari "toolbox" ke media form. bisa dilihat pada gambar dibawah ini.


Lalu Lakukan penyesuaian setting pada "circle progress bar" pada properties, Pembaca bisa melakukan persamaan atau menyamakan pilihan settingan yang sudah penyusun gunakan., Pada gambar dibawah ini:

  

4. Menambahkan "Timer"
Tambahkan "Timer" dengan mencari di menu "Toolbox", timer digunakan untuk menghitung jumlah waktu yang diperlkan dalam persentase circle bar, hal ini akan digunakan pada saat kita akan memprogram, beriut ini adalah penambahan timer pada toolbox 



5. Melakukan Pemrograman
Berikut ini penyusun menyematkan program yang digunakan agar circle progress bar dapat bergerak dan berfungsi. 

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;
using System.Windows.Forms;

namespace MarkDB
{
    public partial class Form1 : Form
    {
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
            Pbar.Value = 0;
        }

        private void timer1_Tick(object sender, EventArgs e)
        {
            Pbar.Value += 1;
            Pbar.Text = Pbar.Value.ToString();
            if(Pbar.Value ==100)

            {
                timer1.Enabled = false;
            }
        }
    }
}


Berikut ini adalah gambaran dari hasil pemrograman "Loading form".

Loading form C#

Pastikan pada coding-an di atas sesuai dengan nama form dan nama timer yang pembaca gunakan ya!. Oke, mungkin cukup sekian penjelasan dari penyusun terkait bagaimana cara membuat loading form circle progress bar menggunakan bahasa pemrograman C# atau C (Sharp).


***

Tag : Programing
0 Komentar untuk "Cara membuat Loading Form Circular Progress Bar di C# | Visual Studio Windows form"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top