Pengertian, Cara Penggunaan dan Jenis dari Spry Gun (Semprot Cat)

Pengertian, Cara Penggunaan dan Jenis dari Spry Gun (Semprot Cat)

Pengertian, Cara Penggunaan dan Jenis dari Spry Gun (Semprot Cat) - Spray gun merupakan alat yang digunakan untuk mengatomisasikan benda cair, biasanay spray gun digunakan untuk penyemprotan cat. Dengan menggunakan spray gun, hasil pengecatan akan menjadi lebih baik dan menghemat pemakaian cat dibanding menggunakan kuas. Untuk mendapatkan hasil pengecatan yang baik pada saat menggunakan spray gun, anda memerlukan latihan dan pengalaman supaya menghasilkan hasil yang maksimal. Bagi anda yang baru saja ingin belajar mengecat ataupun membeli spray gun, tips-tips dibawah ini mungkin bisa membantu untuk menentukan jenis spray gun apa yang perlu di beli.

Bagian-Bagian Pada Spray Gun:

Bagian-Bagian Pada Spray Gun
  1. Tabung/tangki cat
  2. nozzle/nozzle cap
  3. tuas spray/trigger
  4. knob pengatur luas semburan cat
  5. knob pengatur jumlah cat yang dikeluarkan dari nozzle
  6. knob untuk mengatur tekanan udara yang masuk ke spray gun
Tidak semua spray gun memiliki knob untuk mengatur tekanan udara yang masuk seperti gambar (no 6). Tetapi anda bisa memasang alat yang bernama (pressure regulator) pada bagian bawah (lubang angin) spray gun. Alat ini biasa sudah terdapat penunjuk tekanan berupa analog atau digital.

Jenis-Jenis Spray Gun:

1. Suction Feed

Suction Feed

Pada spray gun dengan tipe suction feed, tabung penampung catnya berada pada bagian bawah spray gun. Spray gun jenis ini membutuhkan banyak energy atau angin untuk dapat menghisap dan menyemburkan cat, selain itu  akibat dari bodynya yang terlalu besar, spray gun jenis ini tidak cocok untuk mengecat permukaan-permukaan kecil yang sempit. Kelebihan dari spray gun jenis ini dapat menampung banyak cat sehingga cocok untuk pengecatan dengan bidang yang besar dan luas seperti tembok, pagar.

2. Gravity Feed


Gravity Feed
Pada spray gun dengan tipeini, karena tabung penyimpanannya terletak di bagian atas spray gun, maka cat akan keluar melalui nozzle dengan sendirinya dan angin hanya berfungsi untuk menyemburkan cat, sehingga tidak menghabiskan banyak energy atau angina untuk melakukan proses pengecatan. Ini merupakan jenis spray gun yang paling sering digunakan untuk mengecat mobil, motor dan lain sebagainya.

Selain itu suction feed dan gravity feed, nozzle pada spray gun juga berbeda ukurannya, tergantung dengan bidang apa yang akan dicat dan seberapa kental cat yang akan disemprotkan. Spray gun pada gambar tengah, ukuran nozzle nya adalah 1,5 mm, sedangkan yang kanan ukuran nozzlenya 0,8 mm. Ukuran tersebut juga mempengaruhi besar pola semburan pada saat mengecat, jadi jika bidang yang akan di cat kecil, gunakanlah spray gun dengan ukuran kecil dan sebaliknya jika ukurannya lebih besar maka gunakan spray gun yang lebih besar juga (sesuaikan dengan kebutuhan).

Cara Menggunakan dan Menyetel Spray Gun

Cara Menggunakan dan Menyetel Spray Gun

Apapun jenis spray gun yang digunakan, cara menggunakan dan menyetel spray gun pada umumnya sama. Untuk mendapatkan setelan yang maksimal, anda perlu mencoba berulang-ulang kali memeriksa hasil keluaran dari nozzle spray gun. Karena dengan berbedanya kekentalan cat, maka akan berbeda pula setelan yang digunakan.
  • Mengatur tekanan udara output pada kompresor menjadi 26 psi atau sesuaikan dengan buku manual pada spray gun saat, lalu pasang spray gun pada selang kompresor.
  • Masukan cat kedalam tangki, lalu tutup.
  • Setel knob untuk mengatur jumlah cairan yang akan keluar dari nozzle. Putar nozzle searah jarum jam untuk mengecilkan dan putar berlawanan jarum jam untuk memperbanyak output yang kluar dari nozzle.
  • Setel tekanan udara yang masuk kedalam spray gun. Disini dibutuhkan trial dan error untuk mendapatkan hasil penyemburan yang pas. Prinsipnya yaitu jika terlalu banyak angin yang masuk, maka cat akan menjadi kabut dan berbintik-bintik,cat menjadi boros dan hasil yang didapat tidak akan bagus. Begitu pula sebaliknya, jika terlalu sedikit tekanan udara yang didapat, maka cat tidak akan menyembur dengan sempurna.
  • Mengatur knob untuk jangkauan luas semburan cat. Putar knob searah dengan jarum jam untuk mengecilkan luas semburan dan putar berlawanan arah jarum jam untuk memperbesar luas semburan. Sebelum mengecat pada bidang yang akan dicat, lakukan percobaan terlebih dahulu dari hasil semburan cat pada koran atau kertas.
***
Tag : Mechanical
3 Komentar untuk "Pengertian, Cara Penggunaan dan Jenis dari Spry Gun (Semprot Cat)"

Apakah setiap spray gun bisa digunakan pada cat tembok ?

Terima kasih ilmunya ,sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya yang lagi belajar ngecat dengan spray gun, semoga Allah SWT , membalasnya , amiin

Untuk spry gun cat poxy yg pas pake yg brp mili y....
Terima kasih

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top