Cara Mengatasi Kram Kaki Secara Alami

Cara Mengatasi Kram Kaki Secara Alami

Cara Mengatasi Kram Kaki Secara Alami - Setiap orang pasti pernah mengalami kram kaki, baik karena dehidrasi, efek olahraga terlalu keras, atau karena faktor usia. Kram biasanya menyerang otot betis atau otot paha, Tapi bisa saja hal itu terjadi di sekujur kaki. Memang nyeri akibat kram bisa hilang dengan sendirinya. Namun, untuk menghemat waktu dan mempercepat proses pemulihan, Anda bisa mengatasi kram kaki sendiri secara alami.

Berbagai Cara Mengatasi Kram Kaki dengan Alami
Pada saat kaki mengalami kram, segera lakukan cara mengatasi kram kaki sebagai berikut ini:

1. Melakukan Peregangan (stretching)

Melakukan Peregangan (stretching)

Pada saat anda mengalami kram kaki segera hentikan segala aktivitas. Lalu lakukan stretching atau peregangan ringan untuk membantu meredakan sensasi kram di kaki. Luruskan kaki dan tarik jari-jari kaki ke arah lutut untuk meregangkan otot betis.  Anda bias juga berjalan jinjit atau memijat otot-otot kaki setelah selesai melakukan peregangan dan kram mereda.

2. Mengompres Kaki dengan Air Hangat

Mengompres Kaki dengan Air Hangat

Suhu panas bisa membantu meredakan kaki kram. Anda bisa memanfaatkannya dengan mengompres handuk yang dicelupkan ke air hangat, merendam kaki ke air hangat, atau menempelkan bantal pemanas ke bagian kaki yang kram. Atur suhu panas dan tingkatkan secara perlahan jika kaki masih terasa kram. Lama kelamaan sensasi kram pada kaki akan berkurang.

3. Banyak Minum Air Putih

Banyak Minum Air Putih

Pada saat kram kaki menyerang, segera perbanyak minum air putih. Kondisi dehidrasi bisa membuat otot-otot pada kaki kekurangan oksigen yang dapat memicu kram. Cara ini memang tidak langsung membuat kaki yang kram cepat mereda. Namun, hal ini setidaknya bisa membantu mengurangi nyeri dan membuat Anda lebih nyaman.

4. Mengkonsumsi Makanan Sumber Magnesium
Pada saat Anda mengalami kram, bisa jadi Anda kekurangan asupan elektrolit berupa magnesium. Makanan yang memiliki sumber magnesium seperti biji-bijian  dan kacang-kacangan yang dapat membantu menjaga kekuatan dan kelenturan otot.  Jika disertai dengan banyak minum air putih atau minuman elektrolit lainnya, tubuh akan lebih cepat memproses magnesium. Nantinya rasa kram pada kaki akan cepat menghilang dan Anda bisa kembali beraktivitas seperti biasanya.

5. Berjalan

Berjalan

Pada saat kaki terasa kram, mungkin anda akan langsung meluruskan kaki dan istirahat. Mengapa tidak Anda coba untuk berjalan kaki?

Berjalan kaki ternyata bisa membantu meringankan kram kaki. Dengan berjalan, tubuh akan mengirimkan sinyal ke otot-otot kaki yang tegang supaya rileks sejenak. Cukup berjalan kaki pelan-pelan sampai nyeri pada kram berkurang.

***
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Kram Kaki Secara Alami"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top