5 Ciri-Ciri Aki Rusak pada Mobil

5 Ciri-Ciri Aki Rusak pada Mobil

5 Ciri-Ciri Aki Rusak pada Mobil - Aki merupakan bagian yang penting dari mobil. Tanpa adanya aki, mobil tidak akan pernah bisa dihidupkan. Berbeda dengan sepeda motor yang masih bisa distarter secara manual menggunakan tuas engkol.

Karena itu anda harus selalu memperhatikan kondisi aki supaya aki mobil anda terawat dan siap digunakan kapanpun. Masalah pada aki biasanya timbul karena aki sudah terlalu tua dan tidak terawat. Masalah yang paling utama jika mengabaikan kondisi aki adalah mobil tidak akan bisa menyala karena memang tidak dapat distarter. Untuk mengatasi hal tersebut berikut ini merupakan ciri-ciri Aki mobil yang rusak:

1. Mengetes Aki Dengan Menstarter Moobil
Salah satu ciri paling dasar yang menandakan bahwa aki sudah habis atau rusak dengan cara menstarter mobil anda. Jika mobil distarter berkali–kali masih tidak mau hidup, sudah dipastikan bahwa aki mobil anda sudah rusak atau habis.

Atau anda juga bisa memastikannya dengan cara lain seperti mencharger aki atau mendorong mobil (barang kali mobil hanya mogok). Namun jika cara itu masih belum berhasil, maka tidak salah lagi kalau aki anda harus diganti.

2. Usia Aki yang Sudah Tua
Usia aki juga bisa dijadikan indikator kesehatan aki sudah tidak bagus lagi. Layaknya seperti manusia, semakin tua umur aki, maka kinerjanya akan semakin menurun. Untuk mengecek usia dari aku, anda bisa melihat tanggal dari usia aki kapan terakhir kali mengganti aki anda.

Pada umumnya setiap bengkel akan mencantumkan tanggal setiap kali melakukan penggantian aki pada body aki. Hal ini dilakukan supaya pengguna bisa memeriksa berapa usia aki tersebut. Aki yang normal dapat bertahan kurang lebih dua tahun sejak penggantiannya. Namun, waktu ini bisa semakin cepat atau semakin lambat tergantung intensitas pemakaian yang digunakan.

3. Air Aki yang Sudah Keruh
Terkadang aki terlihat masih banyak. Namun, sudah tidak dapat bekerja maksimal. Mengapa hal ini bisa terjadi? Untuk memastikannya, anda bisa cek langsung air pada aki tersebut.

Lihat kejernihan pada air aki. Jika aki terlihat sangat keruh, kemungkinan itu lah yang menyebabkan mobil tidak bisa menyala. Kekeruhan ini biasanya disebabkan oleh debu dan kotoran yang masuk ke dalam aki. Untuk mengatasi hal tersebut segera ganti air aki dengan yang baru.

4. Bau Aki yang Tersium
Untuk memastikan kembali kondisi dari aki mobil anda, adan bisa identifikasi aki dengan cara mencium bau akinya. Jika bau tersebut sudah tercium menyengat dan tidak sedap, maka kemungkinan tingkat kerapatan pada aki sudah tidak bagus lagi.

Bau ini sebenarnya berasal dari sel – sel aki yang rusak. Tandanya saat mobil distarter, aki akan terlihat seperti air yang mendidih. Dan tanda lain yaitu sel-sel yang terdapat pada aki yang sudah remuk atau mengembang.

5. Tegangan Output Kurang dari 10 Volt
Cara ini bisa dilakukan dengan mencharger kembali aki ataupun melakukan tester ulang. Jika hasil yang didapatkan kurang dari 10 Volt, maka bisa dipastikan bahwa aki sudah rusak. Dengan tegangan serendah ini tidak akan bisa digunakan untuk menghidupkan mobil anda.

***
Tag : Automotive
0 Komentar untuk "5 Ciri-Ciri Aki Rusak pada Mobil"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top