5 Cara Mudah Perawatan Mobil Diesel

5 Cara Mudah Perawatan Mobil Diesel

5 Cara Mudah Perawatan Mobil Diesel - Mobil diesel jaman sekarang sudah tidak seperti dulu lagi. Jika dulu mobil diesel identik dengan mobil "kelas berat" seperti, truk, bus dan lain sebagainya, namun kali ini mobil diesel telah berkembang dengan pesat ke pasar mobil SUV atau masuk ke dalam ketegori mobil keluarga. Mesin diesel yang tangguh menjadi salah satu alternatif beberapa pabrikan mobil seperti Mitsubishi, Toyota, Honda dan Isuzu untuk menjajal ke pasar mobil keluarga dengan transformasi mesin diesel yang kini lebih halus, tidak boros dan Tidak berisik yang telah menjadi mutu utama membuat peminat mobil diesel semakin tinggi.

Beberapa jenis mobil seperti Mitsubishi Pajero, Isuzu MU-X dan Toyota Fortuner mempunyai tawaran komponen mesin diesel yang berkualitas. Dengan memilih mobil mesin diesel, anda bisa lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar. Bahan bakar yang digunakan oleh mobil diesel yaitu solar. Selain harganya yang lebih murah dibandingkan dengan jenis bahan bakar yang lain, perawatannya pun cukup mudah. Berikut ini merupakan 5 cara merawat mobil diesel yang bisa di lakukan supaya mobil diesel mempunyai kualitas bagus.

1. Selalu Memanaskan Mesin Mobil di Pagi Hari
Melakukan perawatan mobil cukup dengan perawatan yang sederhana. Seperti memanaskan mesin mobil saat pagi hari. Baik pada saat akan digunakan maupun tidak digunakan, mobil diesel harus selalu dipanaskan di pagi hari jika anda ingin mesin mobil terawat dengan baik. Cukup dengan memanaskan mobil 5-10 menit, komponen-komponen yang ada pada mesin mesin mobil akan berjalan lancar secara menyeluruh. Tujuan utamanya untuk menjaga sirkulasi oli ke seluruh komponen mesin mobil dan turbocharger supaya dapat berjalan dengan baik.

2. Selalu Mengganti Filter Solar Secara Berkala

Selalu Mengganti Filter Solar Secara Berkala

Untuk menjaga performa mesin dalam keadaan baik, Anda harus selalu mengganti filter solar secara rutin dan teratur. Tujuannya supaya kualitas pada mesin mobil terhindar dari kotoran yang dapat menghambat bahan bakar ke dalam pompa injeksi mesin. Selain itu, mengganti filter solar secara berkala juga dapat menghindari air dan kotoran yang bisa merusak pompa injeksi mesin solar.

3. Menggunakan Bahan Bakar Solar yang Berkualitas
Cara merawat mobil diesel dengan mengecek kondisi mesin tentu harus didukung dengan menggunakan bahan bakar solar yang berkualitas. Caranya yaitu, gunakan bahan bakar solar berkadar sulfur rendah untuk mobil diesel Anda. Penggunaan bahan bakar solar berkadar sulfur rendah dapat mempengaruhi tarikan mesin supaya lebih ringan dan suara mesin akan terdengar lebih halus. Selain itu, asap yang dikeluarkan dari knalpot akan lebih bersih dan lebih sedikit.

4. Membersihkan dan Mengganti Filter Udara

Membersihkan dan Mengganti Filter Udara

Salah satu komponen penting yanga ada di dalam sebuah mesin mobil yaitu filter udara. Jika filter udara tidak terawat terawat maka kotoran dan debu akan mudah masuk ke mesin utama. Hal tersebut bisa merusak komponen-komponen mesin seperti ring, silinder maupun pada bagian piston. Ibaratnya, filter udara mobil merupakan bagian hidung manusia. Maka anda harus rutin membersihkan filter udara.

5. Jangan Membiarkan Tangki Bensin Kosong
Membiarkan tangki bensin kosong merupakan masalah bagi setiap mobil. Maka dari itu, jaga volume bahan bakar solar di tangki mobil sekitar lebih dari sepertiga ukuran tangki. Tujuannya supaya tidak terjadi pengembunan di dalam tangki mobil, sehingga menimbulkan uap air yang akan bercampur dengan bahan bakar.

***
Tag : Automotive
0 Komentar untuk "5 Cara Mudah Perawatan Mobil Diesel"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top