Mengenal Jenis-Jenis dan Simbol Lampu Listrik

Mengenal Jenis-Jenis dan Simbol Lampu Listrik

Mengenal Jenis-Jenis dan Simbol Lampu Listrik - Lampu listrik merupakan suatu perangkat yang bisa menghasilkan cahaya pada saat dialiri arus listrik. Arus listrik yang dimaksud yaitu berasal dari tenaga listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik terpusat (Centrally Generated Electric Power) seperti PLN dan Genset ataupun tenaga listrik yang dihasilkan oleh Aki dan Baterai. Di zaman yang begitu modern, Lampu sudah menjadi salah satu alat listrik yang paling penting bagi kehidupan manusia. Dengan adanya lapu, kita bisa melakukakn berbagai kegiatan pada malam hari, memperindah interior rumah, penerangan ruangan yang gelap atau sebagai indikator tanda-tanda berbahaya. Sebelum ditemukannya lampu listrik, manusia pada saat itu masih menggunakan lilin, lampu minyak dan api unggun sebagai alat penerangan di malam hari.

Banyak yang beranggapan bahwa yang pertama kali menemukan lampu adalah Thomas Alva Edison (1847-1931) dari amerika serikat. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, karena sebelum Thomas Alva Edison ada banyak ilmuwan yang menciptakan barbagai jenis lampu listrik dengan macam-macam bahan dan teknik, namun penemuan-penemuan mereka tidak praktis, tidak bertahan lama, harga yang mahal dan boros listrik. Namun, Thomas merupakan ilmuwan pertama yang menemukan lapu piajr komersial yang bisa tahan lama, bahan yang lebih murah dan penggunaan listrik yang lebih hemat. Lampu dari Thomas Alva Edison yang digunakan oleh khalayak ramai dan hingga sekarang masih menikmati hasil penemuannya. Lampu pijar pertama yang ditemukan oleh Thomas Alva Edison  pada 22 Oktober 1879 hanya bisa bertahan hingga 13,5 Jam.

Simbol Lampu Listrik Pada Elektronika


Jenis-Jenis Lampu Listrik
Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, lampu listrik telah mengalami perubahan dan kemajuan yang begitu pesat. Teknologi lampu bukan saja lampu pijar yang ditemuka oleh Thomas Alva Edison saja. Namun, sudah terdiri dari berbagai jenis dan teknologi. Pada dasarnya, lampu dapat dikategorikan dalam 3 jenis, yaitu lampu pijar, Lampu lucutan gas, dan lampu LED. Berikut ini adalah tiga jenis utama lampu listrik yang dimaksud:

Lampu Pijar (Incandescent Lamp)
Lampu ini disebut dengan incandescent lamp, merupakan jenis lampu listrik yang menghasilkan cahaya dengan cara memanaskan kawat filamen di dalam bola kaca yang diisi dengan gas tertentu seperti nitrogen, kripton atau hidrogen. Kita bisa menemukan lampu pijar dalam berbagai pilihan tegangan, yaitu tegangan sekitar 1,5 Volt hingga 300 Volt. Lapu pijar yang bisa bekerja pada arus DC maupun arus AC ini banyak digunakan di lampu penerangan jalan, Lampu rumah dan kantor, Lampu mobil dan lampu dekorasi. Pada dasarnya lampu jenis ini mampu bertahan hingga 1000 Jam dan memerlukan energi listrik yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis-jenis lampu lainnya.

Lampu Pijar (Incandescent Lamp)


Lampu Lucutan Gas (Gas-Discharge Lamp)
Lampu lucutan gas adalah lampu listrik yang bisa menghasilkan cahaya dengan mengirimkan lucutan elektris melalui gas yang terionisasi. Gas yang digunakan adalah gas mulias seperti argon, neon, kripton dan xenon. Gas-discharge pada lampu ini juga memakai bahan bahan tambahan seperti merkuei, Natrium dan Halida logam. Jenis lampu ini antara lain lampu fluorescent, lampu neon, lampu xenon arc dan Mercury vapor lamp.

Lampu Lucutan Gas (Gas-Discharge Lamp)

Lampu jenis ini paling sering kita temukan letukan. Lampu tersebut yaitu Fluorescent yang dipergunakan sebagai lampu penerangan di rumah atau kantor. Daya tahannya sekitar 10.000 Jam atau 10 kali dari lampu pijar dan tentunya lampu ini lebih hemat energi.

Lampu LED (Light Emiting Diode)
Lampu LED merupakan lampu yang menggunakan komponen elektronika LED sebagai sumber pencahayaannya. LED adalah dioda yang bisa memancarkan cahaya monokromatik ketika diberikan tegangan maju. Lampu jenis ini mempunyai banyak kelebihan seperti lebih hemat energi, lebih tahan lama dan tidak mengandung bahan berbahaya. Namun Harga yang ditawarkan untuk lampu ini jauh lebih mahal dari ke dua jenis lampu di atas. Lampu LED mempunyai daya tahan hingga 25.000 Jam atau bisa dibilang 2,5 kali lipat lebih tahan lama dari lampu fluorescent. Jika dibandingkan dengan lampu pijar, lampu LED memiliki tahanan hingga 25 kali lipat dari lampu pijar.

Lampu LED (Light Emiting Diode)

***
Tag : Electrical
0 Komentar untuk "Mengenal Jenis-Jenis dan Simbol Lampu Listrik"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top