Cara Membuat Rem Cakram Semakin Pakem

Cara Membuat Rem Cakram Semakin Pakem

Cara Membuat Rem Cakram Semakin Pakem - Motor yang sudah sering dibongkar pada bagian mesin atau biasa disebut dengan (turun mesin) supaya mendapatkan power yang semakin meningkat, tentu  membutuhkan sistem pengereman yang memumpuni untuk mengimbangi laju motor tersebut pada saat pengereman. Jika rem tidak dibuat pakem tentu akan sangat berbahaya jika sewaktu-waktu kalian lepas kontrol atau kendali pada saat berkendara, ngebut dan mendapatkan halangan, kalian tidak akan bisa memprediksi dengan tepat kapan motor yang dikendarai bisa berhenti dengan sempurna saat melakukan pengereman.

Oleh karena itu perlu dilakukan pembenahan pada bagian sistem pengereman sepeda motor. Bagaimana caranya?, tentu saja dengan melakukan perubahan pada bagian-bagian tertentu di sistem pengeremannya.

Contoh mengganti beberapa bagian master rem, dengan master rem racing seperti brembo, atau master rem racing lain yang mungkin harganya lebih murah dari brembo, dari saran saya sendiri lebih baik menggunakan master rem dari brembo. Hal ini sangat penting mengingat fungsi utama dari master rem sebagai pendorong minyak rem yang menuju ke bagian piston kaliper. Sangat disarankan melakukan sistem rem satu set, mulai dari master rem, selang rem, master kaliper hingga pad brake serta discbrake nya. Jika merasa terlalu mahal untuk mengganti satu set sistem pengereman, kalian bisa menggantinya satu persatu yang bisa dibeli secara terpisah, namun sekali lagi pastikan membeli part yang berkualitas.

Untuk mengetahui kualitas suatu barang mungkin kalian bisa melakukan sedikit survey seperti bertanya kepada teman yang sudah pernah menggunakan komponen tersebut, tanyakan juga ke pihak toko sebagai perbandingan. Dengan begitu motor yang sudah kalian upgrade powernya akan terasa mantep dan pakem pada saat mengerem.

Mengatasi rem cakram kurang pakem di motor standar

Lalu bagaimana dengan sepeda motor standar yang semuanya serba standar, namun pada bagian remnya terasa gembos dan kurang pakem? silahkan lakukan beberapa langkah di bawah ini :

1. Memeriksa seluruh bagian sistem rem secara visual dan fungsional, pemeriksaan visual sangat penting dilakukan supaya kita bisa mengambil langkah selanjutnya. Yang pertama kalian harus diperiksa yaitu memeriksa seluruh komponen sistem rem mulai dari kondisi dan fungsi master rem, kondisi selang rem, cek kampas serta disbrake, cek fungsi piston kaliper dan lain sebagainya. jika ditemukan komponen yang cacat sangat disarankan untuk dilakukan penggantian dengan komponen baru berkualitas.


membersihkan kampas rem

2. Setelah melakukan pemeriksaan secara visual dan fungsional tidak ditemukan masalah yang berarti pada bagian pengereman, selanjutnya kalian bisa menggosok permukaan kampas maupun discbrake menggunakan amplas halus. Fungsinya adalah untuk menciptakan pori - pori baru agar kampas dan piringan bisa pakem tentunya.

3. Menguras dan mengganti minyak rem dengan minyak baru, pastikan pada saat elakukan bleding dengan sempurna, jangan sampai salah dan masuk angin sebab angin yang ada didalam saluran minyak rem bisa mereduksi gaya tekan didalam selang yang akhirnya rem seolah - olah nggembos bahkan terasa kosong pada selang pengeremannya.

Menguras minyak rem

Setelah melakukan langkah - langkah diatas dengan benar, kalian bisa melakukan pengetesan atau final inspeksi dengan cara menggunakan sepeda motor seperti biasanya dan lakukan pengereman.

***
Tag : Automotive
0 Komentar untuk "Cara Membuat Rem Cakram Semakin Pakem"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top