8 Jenis Mesin 4 Tak

8 Jenis Mesin 4 Tak

8 Jenis Mesin 4 Tak - Sepeda Motor tentunya memiliki banyak bagian onderdil yang penting. Salah satu bagiannya yaitu mesin motor. Mesin tersebut dapat memberikan manfaat serta fungsi untuk sepeda motor itu sendiri. Saat ini ada banyak berbagai jenis mesin sepeda motor. Sebagai pengendara sepeda motor, sebaiknya perlu mengetahui jenis mesin apa yang terpasang pada bagian motor yang digunakan. Berikut ini merupakan jenis-jenis mesin motor yang berbeda serta memiliki fungsi yang berbeda pula.

1. Mesin 1 Silinder (Single Cylinder) 

Mesin 1 Silinder (Single Cylinder)

Mesin 1 silinder merupakan jenis mesin yang banyak digunakan dan familiar di lingkungan masyarakat. Mesin ini memipunyai klasifikasi yaitu silinder tegak, tidur dan 45 derajat. Mesin ini biasanya digunakan pada kendaraan bermotor dengan kapasitas mesin kecil < 250cc, tetapi demikian ada beberapa motor berkapasotas besar yang memakai mesin 1 silinder ini. Contohnya pada motor royal enfield clasic dengan kapasitas silinder berkisar 500cc serta KTM duke 690cc.

2. Mesin 2 Silinder Segaris (in-line-twin) 

Mesin 2 Silinder Segaris (in-line-twin)

Mesin ini termasuk dalam salah satu solusi apabila ingin mempunyai tampilan beda dengan mesin jenis singel silinder Namun, masih dengan biaya produksi yang terjangkau dan maintenance yang cukup mudah jika terjadi Trouble. Suara yang dimiliki dari mesin ini juga berbeda dengan jenis mesin single silinder. Sehingga memberikan feel yang beda pula.

3. Mesin 3 Silinder Segaris (tripel-in-line) 

Mesin 3 Silinder Segaris (tripel-in-line)

Mesin jenis ini dapat memaksimalkan antara kombinasi top end tower dan torsi. Apabila mesin 2 silinder bermodel V apalagi L akan mengandalkan dari torsi dari mesin, maka mesin inline 4 akan mengandalkan top end power. Untuk mesin 3 silinder ini menggabungkan keduanya. Mesin 3 silinder ini dikeluarkan oleh pabrikan MV Agusta Varian F Series dan Triumph Varian Daytona.

4. Mesin 4 Silinder Segaris (in-line-four) 

Mesin 4 Silinder Segaris (in-line-four)

Jenis Mesin ini digunakan oleh hampir seluruh tipe superbike dan tipe sport bike selain oleh Ducati dan Aprilia. Mesin ini terkenal karena mempunyai suara yang membulat dan merdu serta memiliki banyak keunggulan dari pada kekurangannya. Mesin ini mempunyai power mesin yang cukup bagus, sehingga sangat populer dikalangan biker.

5. Mesin Inline Six

Mesin Inline Six

Untuk Jenis mesin enam segaris atau biasa disebut mesin enam silinder, memang jarang digunakan untuk motor produksi. Pasalnya, mesin ini memiliki bentuk yang sangat lebar, rumit, dan sangat mahal untuk diproduksi.

6. Mesin Jenis V-Twin
Pada jenis mesin V-Twin, sepertinya menjadi cukup populer, karena mesin ini bisa bekerja secara melintang dan longitudinal. Namun, untuk karakteristik yang paling menonjol dari mesi ini adalah dengan sudut 90 derajat, karena dapat diatur dalam berbagai bentuk sasis motor.

7. Mesin Jenis V4
Pada jenis mesin V4 sebenarnya bentuknya hampir mirip dengan parallel twin, namun dengan tambahan dua silinder untuk meredam getaran motor. Dan dengan mesin ini, performa semakin meningkat, dan bisa diaplikasi untuk sasis kompak.

8. Mesin Jenis V5
Jenis mesin V5 hanya ada satu produksi dan terbatas yang pernah dibuat di motor MotoGP Jonda. Tipe mesin V5 menjadi lebih unik unik dengan penempatan silinder di kisaran sudut 75,5 derajat dengan tiga menghadap ke depan, dan dua silindernya lagi menghadap ke belakang.

***
Tag : Automotive
0 Komentar untuk "8 Jenis Mesin 4 Tak"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top