Perbedaan Antara Keyboard, Piano dan Organ

Perbedaan Antara Keyboard, Piano dan Organ

Perbedaan Antara Keyboard, Piano dan Organ - Mungkin kalian sering mendengarkan nama alt musik yang serupa namun bentuk fisiknya bisa dibilang sama, yaitu piano, keyboard dan organ. Meski diantara ke tiga alat musik tersebut sama-sama mempunyai Tuts untuk ditekan dan dimainkan, ada beberapa perbedaan mendasar yang ada pada ke tiga alat musik tersebut. Apa saja perbedaannya? Berikut ini perbedaan dari ke tiga alat musik tersbeut.

1. Piano
Piano merupakan alat musik yang termasuk kategori musik perkusi. Alasannya yaitu hanya ada satu suara yang dapat dihasilkan dari alat musik tersebut yaitu suara piano itu sendiri. Untuk bermain piano tidak hanya bermodalkan "mengetahui posisi cord". Namun kita harus bisa mengeksplor skill piano klasik, contonya fingering. Biasanya piano juga dilengkapi dengan tiga buah pedal pada bagian bawah. Dengan fungsi dari masing-masing pedal untuk melembutkan suara atau untuk memanjangkan nada yang dihasilkan dari piano tersebut. Piano sendiri terbagi menjadi 2 jenis. Yaitu, Upright Piano dan Grand Piano.  Untuk lebih jelas bentuk fisiknya bisa dilihat pada gambar dibawah ini. 

Piano

Untuk piano sendiri memiliki tuts yang lebih banyak. Hal ini memang disebabkan karena alat musik piano diciptakan awalnya untuk permainan solo, sehingga harus menjangkau nada mulai dari sangat rendah hingga sangat tinggi, supaya semakin kaya variasinya.

2. Keyboard 
Keyboard mempunyai banyak jenis, namun kalu mengenal lebih dekat mengenai ciri-cirinya akan lebih mudah untuk membedakannya dari piano dan organ. Ciri-ciri yang membedakan dari piano dan organ yaitu :

  • Tidak mempunyai pedal nada seperti pada organ.
  • Memiliki 1 buah tuts. Belum pernah ada keyboard yang mempunyai 2 buah deretan tuts seperti organ.
Untuk keyboard, kebanyakan bersifat portabel, bisa dibawa kemana-mana hanya dengan satu orang saja. Keyboard mempunyai banyak tipe sound yang disediakan. jadi bisa dipakai untuk mengganti suara musik yang kita tidak punya seperti suara gitar aakustik, gitar listrik, gendang, dan masih banyak yang lainnya. Untuk mengetahui bentuk fisik dari keyboard bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

keyboard

3. Organ
Organ lebih cenderung ke golongan permainan akord. Jadi pemain organ tidak perlu untuk bersusah payah emikirkan melodi yang akan dimainkan, karena bagian melodi sudah menjadi jatah dari pianis. Untuk jenis dari organ terbagi menjadi 2 bagian, antara lain jenis rayan pipa (Orgel) dan Organ Elektronik (electone). Untuk Organ pipa mempunyai deretan tuts lebih dari satu, dan tombol analog yang sangat banyak.  Kemudian organ pipa mempunyai pipa-pipa raksasa. Sementara organ elektronik mempunyai deretan tuts yang rata-rata memiliki 2 baris (ada yang memiliki 1 baris tuts, namun jarang di temukan atau langka) dan pedal kaki yang sangat banyak. Untuk bentuk fisiknya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Organ

***
Tag : Musik
0 Komentar untuk "Perbedaan Antara Keyboard, Piano dan Organ"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top