Pengertian Alat Pelindung Diri (APD) dan Jenis-Jenisnya pada K3

Pengertian Alat Pelindung Diri (APD) dan Jenis-Jenisnya pada K3

Pengertian Alat Pelindung Diri (APD) dan Jenis-Jenisnya pada K3 - APD (Alat Pelindung Diri) atau bsa dibilang personal protective equipment merupakan alat atau perlengkapan yang wajib digunakan untuk melindungi dan menjaga keselamatan pekerja pada saat melakukan aktivitas pekerjaan yang mempunyai potensi bahaya atau resiko kecelakaan kerja. Alat-alat APD yang digunakan harus sesuai dengan standar potensi bahaya dan resiko pekerjaannya. Sehingga efektif digunakan untuk melindungi pekerja sebagai penggunanya.

Pada perusahaan manufakturing, terutama perusahaan yang bergerak di bidang Produksi Perakitan Elektronika, beberapa resiko pekerjaan yang memiliki potensi bahaya keselamatan dan kesehatan kerja berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja seperti proses penyolderan, proses pemotongan kaki komponen, proses penggunaan bahan kimia, Suara-suara yang timbul akibat dari mesin yang sedang produksi, Pembuangan limbah, dan kegiatan pemindahan barang yang berat. Oleh karena itu para pekerja wajib menggunakan standar Safety atau APD yang dapat memperkecil angka kecelakaan kerja.

Untuk alat pelindung diri terbagi menjadi 3 kelompok,yaitu:

  • Alat Pelindung Kepala: Helmet, Safety Glass, Masket, Respirator, Ear Plugs.
  • Alat Pelindung Badan: Jas Labolatorium, Apron
  • Alat Pelindung Anggota Badan: Sepatu safety, Sarung tangan.
Jenis-Jenis Alat Pelindung Diri (APD)

1. Alat Pelindung Kepala

1.1 Topi Pelindung (Safety Helmet)
Helmet atau topi pelindung digunakan untuk melindungi kepala dan paparan bahaya seperti kejatuhan benda atau tekena bahaya listrik. Penggunaan topi pelindung harus sesuai dengan lingkar kepala. Sehingga nyaman digunakan dan efektif untuk melindungi kepala pada saat pemakaian. Untuk topi pelindung biasanya digunakan oleh petugas pergudangan (Store) dan Teknisi Mesin.

Topi Pelindung (Safety Helmet)

1.2 Kacamata Pelindung (Safety Glass)
Kacamata pelindung adalah alat yang digunakan untuk melindungi mata dari bahaya loncatan benda tajam, debu, partikel kecil, mengurangi sinar yang menyilaukan dan melindungi mata dari partikel bahan kimia.

Kacamata Pelindung (Safety Glass)

1.3 Penyumbat Telinga (Ear Plug)
Penyumbat telinga digunakan untuk melindungi alat pendengaran yaitu telinga dari intensitas suara yang tinggi. Dengan penggunaan penyumbat telinga maka intensitas suara dapat dikurangi hingga 10-15 dB.

Penyumbat Telinga (Ear Plug)

1.4 Masker
Masker merupakan alat pelindung diri yang digunakan untuk melindungi alat-alat pernafasan seperti hidung dan mulut yang beresiko bahaya seperti asap solder, debu dan bau bahan kimia yang ringan. Masker biasanya terbuat dari kain atau kertas Pada umumnya dipakai di proses penyolderan.

Masker

1.5 Respirator
Respirator merupakan alat yang digunakan untuk melindungi alat-alat pernafasan seperti hidung dan mulut dari bahaya asap solder, bau kimia, debu, uap, patikel mist, partikel fume dan gas. Biasanya respirator sering digunakan oleh teknisi mesin solder, operator perngecatan dan operator bahan kimia lainnya.
Respirator
1.6 Penutup Telinga (Ear Muff)
Penutup telinga adalah alat yang digunakan untuk melindungi alat pendengaran dari intensitas suara yang tinggi. Ear Muff bisa mempengaruhi intensitas suara hingga 20-30 dB. Biasanya Ear Muff terbuat dari bantalan busa sehingga bisa melindungi bagian luar telinga. Penggunaan Ear Muff diterapkan oleh teknisi mesin dan teknisi generator (pembangkit listrik).

Penutup Telinga (Ear Muff)


2. Alat Pelindung Badan

2.1 Apron (Celemek)
Apron atau biasa disebut dengan celemek merupakan alat pelindung tubuh yang digunakan untuk melindungi dari percikan bahan kimia dan suhu panas. Apron sering digunakan dalam prose persiapan bahan-bahan kimia dalam produksi grease, Oil, Minyak dan Adhesive.

Apron (Celemek)


3. Alat Pelindung Anggota Badan

3.1 Sarung Tangan (Hand Glove)
Sarung tangan adalah perlengkapan yang digunakan untuk melindungi tangan dari kontak langsung bahan kimia, tergores atau luka tangan akibat dari sentuhan dengan benda yang tajam dan panas.

Sarung Tangan (Hand Glove)

3.2 Sepatu Pelindung (Safety Shoes)
Safety Shoes merupakan perlengkapan yang digunakan untuk melindungi kaki dari benturan benda, kejatuhan benda, benda yang tajam seperti kaca atau potongan baja, larutan bahan kimia dan menghindari diri dari setruman aliran listrik. Seperti yang saya ketahui, sepatu Safety pada ujungnya terdapat besi yang di balut dengan karet untuk melindungi ujung kaki dari kejatuhan benda yang cukup berat. Biasanya sepatu ini digunakan oleh petugas gudang dan petugas yang bekerja di lapangan.

Sepatu Pelindung (Safety Shoes)

***
1 Komentar untuk "Pengertian Alat Pelindung Diri (APD) dan Jenis-Jenisnya pada K3"

terima kasih, bagi bagi ilmu semoga tuhan selalu melindungi dan sukses selalu

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top