Pengertian, Prinsip Kerja, dan Jenis-Jenis Motor Hidrolik

Pengertian, Prinsip Kerja, dan Jenis-Jenis Motor Hidrolik

Pengertian, Prinsip Kerja, dan Jenis-Jenis Motor Hidrolik - Motor hidrolik merupakan sebuah aktuator mekanik yang mengkonversikan aliran dan tekanan yang ada pada fluida (oli) hidrolik menjadi torsi atau tenaga putaran. Alat ini menjadi salah satu bagian dari sebuah sistem hidrolik selain dari silinder Hidrolik. Pada motor hidrolik berkebalikan fungsi dengan pompa hidrolik. Jika pompa hidrolik yang berfungsi sebagai penghasil tekanan dan aliran tertentu pada suatu sistem rangkaian hidrolik. Maka motor hidrolik sendiri memiliki tugas sebagai mengkonversi kembali tenaga yang didapat menjadi tenaga putar. Sama halnya seperti motor listrik. Motor hidrolik juga bisa bekerja pada dua arah putaran motor sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Untuk lebih memahami motor hidrolik, lebih baik kita bahas pada masing-masing jenis motor hidrolik beserta fungsinya:

1. Hydraulic Vane Motor

Hydraulic Vane Motor

Motor hidrolik jenis ini menggunakan sebuah toda dengan beberapa Vane atau biasa disebut dengan plat yang terpasang pada motor. Vane ini bisa bergerak menyesuaikan perubahan posisinya dengan kontak pada casing motor. Fluida hidrolik masuk ke sisi inlet dan menimbulkan perbedaan tekanan diantara sisi inlet dan outle. Sehingga terjadilah putaran pada roda tersebut dan menghasilkan torsi.

2. Radial Piston Hydraulic Motor

Radial Piston Hydraulic Motor

Motor hidrolik yang ini menghasilkan torsi yang cukup besar. Didalamnya tersusun atas beberapa piston yang terpasang secara radial (tegak lurus terhadap sumbu putarnya) dan didesain mempunyai ruang piston yang bervariasi pada saat berputar. Motor hidrolik ini selain menghasilkan torsi yang cukup besar, juga menghasilkan power yang besar. Untuk torsi yang dihasilkanpun relatif konstan dengan powernya.

3. Axial Plunger Hydarulic Motor

Axial Plunger Hydarulic Motor
Motor hidrolik jenis ini menggunakan beberapa buah piston yang terpasang secara aksial mengelilingi poros motornya. Kemudian di ujung yang satu terdapat plat yang miring, sehingga membuat piston mempunyai ruang yang bervariasi pada saat berputar. Fluida hidrolik masuk melalui sisi inlet yang berada di piston dengan volume ruang cukup kecil, dan tekanan pada fluida serta plat yang miring pada motor menghasilkan energi putar pada porosnya.

4. Gerator Hydraulic Motor

Gerator Hydraulic Motor

Jenis motor hidrolik yang keempat yaitu gerator hydraulic motor dengan dua buah rotor di dalam casing motor. Yang satu berupa roda gigi yang berputar di dalam roda gigi lainnya dan yang kedua mempunyai sumbu putar yang tidak pada satu titik. Fluida hidrolik bertekanan masuk melalui sisi inlet, kemudian memutar kedua roda gigi sehingga terciptalah perbedaan tekanan dan menciptakan putaran pada sumbu roda gigi driven.

5. Hydraulic Gear Motor
Motor hidrolik ini menggunakan dua buah roda gigi yang berputar di dalam casing-nya. Roda gigi sebagai Driven gear dan roda gigi lainnya berupa idler gear. Pada poros dari driven gear berhubungan dengan alat yang dapat menggerakkan driven gear dan poros dari idler gear hanya mengikuti putarannya saja. 
Pada fluida hidrolik bertekanan masuk melalui sisi inlet, mengalir ke masing-masing sisi roda gigi dan menggerakkannya, Sehingga timbul torsi yang digunakan oleh proses selanjutnya.

***
Tag : Hydraulic
4 Komentar untuk "Pengertian, Prinsip Kerja, dan Jenis-Jenis Motor Hidrolik"

Dimana bisa beli motor hidrolik dan pompa hidrolik ?
Mohon Info
Tks
081398249704

Arti kode yg ada pada hidrolik motor?
Dan rpm yang ada berapa aja?
Trims.

Kode yang ada pada hidrolik motor?
Berapa saja rpm yang tersedia pada HM?

Grafik cara kerja motor piston Radial

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top