Pengertian dan Jenis Pompa Hidrolik (Hydraulic Pump)

Pengertian dan Jenis Pompa Hidrolik (Hydraulic Pump)

Pengertian dan Jenis Pompa Hidrolik (Hydraulic Pump) - Hydraulic pump merupakan suatu alat yang mengambil energy dari suatu sumber (engine, motor, electric dan lain-lain) dan mentranfer energy tersebut menjadi bentuk hydraulic. Pompa mengisap oli dari tangki dan mendorong ke dalam sebuah hydraulic system yang disebut sebagai "Flow". Semua pompa menghasilkan oil flow dengan cara yang sama. Proses vacuum terjadi pada pump inlet. Atmospheric pressure yang lebih tinggi akan mendorong oli melalui inlet passage dan masuk ke dalam pump inlet chamber. Gear-gear yang ada di dalam pompa akan membawa Oil ke Pump Outlet Chamber. Volume dari Chamber akan mengecil padasaat Chamber tersebut mendekati Outlet. Hal ini akan memperkecil ukuran Chamber dan mendorong Oil keluar melalui Outlet Passage. Sedangkan pompa hanya menghasilkan aliran yang akan digunakan di Hydraulic System. Pompa tidak menghasilkan atau menyebabkan "Pressure". Sedangkan pressure disebabkan oleh hambatan terhadap aliran. Hambatan bisa disebabkan oleh Flow melalui hose, Orifice, Fitting, Cylinder, Motor atau apapun yang ada di dalam sebuah sistem yang menghalangi aliran menuju ke tangki.

Jenis Pompa Hidrolik
Pompa yang digunakan adalah jenis pompa pemindah (Positive Displacement Pump). Perhatikan kopnstruksi macam-macam pompa di bawah ini!
  1. Pompa Roda Gigi Dalam
  2. Pompa Tipe Gerotor
  3. Pompa Roda Gigi Luar
  4. Pompa Baling-baling (sudu-sudu)
  5. Pompa Torak
1. Pompa Roda Gigi Dalam

Pompa Roda Gigi Dalam

Keterangan gambar pompa roda gigi dalam
  1. Rumah
  2. Roda gigi penggerak
  3. Pasangan roda gigi
  4. Ruang pengisap
2. Pompa Tipe Gerotor
Pompa ini terdiri dari rotor yang bergelombang sebagai penggerak (Inner rotori) dan rotor bagian luar (iOuter rotor) yang digerakkan ruang pemompa terjadi antara gigi-gigi atau gelombang motor

Pompa Tipe Gerotor

3. Pompa Roda Gigi Luar
Pompa ini terdiri dari sepasang roda gigi yang ada di dalam suatu ruang vacum, dimana salah satu roda gigi dipasang sebagai penggerak sedangkan roda gigi lainnya yang digerakkan. 
Keterangan gambar sebagai berikut:
  1. Rumah roda gigi
  2. Roda gigi pemutar
  3. Roda gigi pasangan
  4. Ruang Vacum
  5. Daerah ini oli tertekan
  6. Daerah pengisapan
  7. Penekanan oli keluar oleh gigi-gigi.
Pompa Roda Gigi Luar

4. Pompa Baling-Baling
Pompa ini terdiri dari beberapa baling yang dipasang pada rotor. Rumah bubungan rotor sebagai dudukan baling-baling (sudu) dibuat beralur. Posisi rotor terhadap rumah pompa ada yang sepusat dan ada yang tidak sepusat. Pemompaan diperoleh karena adanya gaya sentrifugal dan kevakuman antara baling-baling dan ring 9rumah pompa).

Perhatikan gambar pompa baling-baling seimbang di bawah ini!
  1. Rumah bubungan
  2. Rotor
  3. Baling baling (sudu)
  4. Penyempitan di saluran masuk
  5. Penyempitan di saluran buang
  6. Sisi gerak bebas sudut
Pompa Baling-Baling

5. Pompa Torak
Pada umumnya pompa jenis inimemiliki kemampuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis pompa yang lainnya. Pompa torak terdiri dari (pompa axcial dan pompa torak radial.) Pompa torak aksial yaitu torak yang terpasang pada garis parallel dengan sumbu poros pompa, sehingga torak melakukan kerja sejajar dengan sumbu poros pada pompa. Sedangkan pompa torak radial apabila torak dipasang dan melakukan gerak radial atau tegak lurus terhadap sumbu pompa.

Pompa Torak
Berikut ini merupakan bagian dari pompa torak radial:
  1. Rumah pompa
  2. Poros eksentrik
  3. Elemen pompa
  4. Torak
  5. Katup Isap
  6. Katup pengontrol tekanan

***
Tag : Hydraulic
0 Komentar untuk "Pengertian dan Jenis Pompa Hidrolik (Hydraulic Pump)"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top