Cara Membuat Adaptor Sederhana

Cara Membuat Adaptor Sederhana

Cara Membuat Adaptor Sederhana - Adaptor adalah sebuah peralatan listrik yang digunakan untuk menurunkan tegangan listrik yang awalnya AC menjadi tegangan DC lebih rendah dengan kapasitas Volt tertentu, sehingga adaptor bisa digunakan sebagai catu daya perangkat elektronika. Rangkaian adaptor sederhana dapat dibuat dengan beberapa komponen sederhana. Kalian bisa membuat adaptor sederhana hanya dengan beberapa komponen yang sangat mudah diperoleh dipasaran.

Dengan menggunakan trafo 1A, kalian bisa membuat rangkaian adaptor sederhana yang akan menghasilkan tegangan dengan arus 1A yang bisa kalian gunakan sebagai catu daya pada peralatan elektronika seperti Smartphone.

Adaptor akan mengubah arus AC yang memiliki tegangan 220-240 volt yang akan di rubah menjadi tegangan DC 3 volt hingga 24 volt, tergantung dengan kebutuhan arus yang d inginkan. Langsung saja saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat adaptor sederhana. Berikut ini penjelasannya :

Komponen yang Digunakan Untuk Membuat Adaptor Sederhana

Rangkain berikut ini merupakan rangkaian adaptor sederhana, adapun komponen yang dibutuhkan untuk membuat adaptor sederhana sebagai berikut :
  1. Sebuah trafo 1A
  2. 4 buah dioda (1 Amper)
  3. Satu buah kapasitor elco (2200 Mikro Farrad 25 Volt)
  4. Satu buah resistor (680 Ohm)
  5. Satu buah LED ukuran 5mm (warna bebas)
  6. Kabel AC (1 buah )
Setelah menyiapkan bahan yang dibutuhkan, berikut ini merupakan rangkaian yang digunakan untuk merangkai adaptor sederhana. Perhatikan pada rangkaian di bawah ini :

Rangkaian Adaptor Sederhana

Cara Membuat :


1. Siapkan alat dan bahan, kemudian sambungkan kabel AC ke trafo 1A dengan menyambungkan warna kabel hitam ke (0 Volt) dan warna kabel merah ke (220 Volt). Lalu Solder ke kabel tersebut yang sudah menempel di trafo.


2. Selanjutnya, siapkan 4 buah dioda (1 Amper) dengan membentuk seperti belah ketupat (Dioda Bridge). Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

pemasangan dioda

Setelah di sambungkan seperti pada gambar di atas, selanjutnya solder pada setiap titik. Seperti titik 1,2,3 dan 4. Setelah disolder perhatikan ke empat buah titik tersebut. pada titik 3 merupakan (positif) sedangkan pada titik 4 (negatif). Namun pada titik 1 dan 2 memiliki (positif dan negatif).

3. Pada titik 1 sambungkan ke trafo gulungan CT. Kemudian pada titik 2 sambungkan pada trafo gulungan sekunder 6 Volt DC atau 12 Volt DC, kemudian solder pada masing-masing titik.

penyambungan trafo dan dioda

4. Setelah mensolder sambungan CT dan 6 Volt maupun 12 Volt DC, selanjutnya siapkan kapasitor elco 2200 Mikro Farad 25 Volt. Sambungkan titik 3 pada port positif (+) pada kapasitor elco, sedangkan pada titik 4 sambungkan ke port negatif (-) pada kapasitor elco, kemudian solder pada masing -masing titik. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

pemasangan kapasitor elco

5. Setelah di sambungkan dan disolder, selanjutnya siapkan LED dan resistor untuk mengetes adaptor sederhana tersebut. Sambungkan kutub positif pada kapasitor resistor 680 Ohm, lalu sambungkan lagi kaki resistor yang satunya ke ANODE pada LED atau kutub (positif) dari LED tersebut. Kemudian pasang kutup negatif dari kapasitor ke CATHODE LED atau kutup negatifnya LED. Lalu solder masing masing titik yang sudah di sambungkan.

6. Selanjutnya tahap pengetesan pada adaptor. pasang Plug kabel AC ke stop contact. Kemudian perhatikan pada lampu LED, apakah lampu menyala atau tidak. Jika menyala, Selamat anda sudah bisa merangkai rangkaian adaptor sederhana. Jika LED tidak menyala maka harus memeriksa kembali Wiring  yang di pasang, bisa jadi lepas atau tidak tersambung.

***
Tag : Electrical
2 Komentar untuk "Cara Membuat Adaptor Sederhana"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top