8 Jenis Kayu yang Digunakan Untuk Membuat Gitar Akustik

Guitar Wood

GITAR - Mendengar instrumen yang satu ini, mungkin tidak asing ditelinga anda, Yap! Gitar merupakan instrumen yang sudah mendunia, bagai mana tidak? hampir musisi tanah air maupun dunia menggunakan gitar untuk mengiringi lagu yang mereka bawakan. Untuk mengetahui gitar akustik itu bagus atau tidaknya, kita bisa mengecek dari kualitas bahan yang digunakan oleh gitar tersebut, Berikut ini mimin bakalan share apa ajasih bahan yang digunakan untuk membuat gitar akustik? yuk simak cuplikan artikel berikut ini!

8 Jenis Kayu yang Digunakan Untuk Membuat Gitar Akustik.
Dari judulnya saja, mungkin agan-agan pada penasarankan apa aja sih bahan kayu berkualitas yang biasanya digunakan untuk membuat Gitar akustik, tanpa basa-basi lanjut kita bahas mengenai cuplikan berikut ini!

1. Kayu Alder
Mungkin ada yang tau jenis kayu yang satu ini, Ya! kayu Alder, Jenis kayu yang memiliki bobot sedang (tidak berat maupun ringan), kayu ini mempunyai karakteristik yang cukup bagus,jelas dan juga kuat atau nyaring, sehingga kayu ini dipilih mempunyai respon yang seimbang diseluruh spektrum sonik. Untuk finishing dalam pembuatan gitar yang menggunakan kayu ini diselesaikan dengan memberikan warna gelap seperti ash, biasanya kayu ini digunakan untuk body Gitar konstruksi tunggal.

bahan-bahan Kayu Gitar

2. Basswood
Yang ke dua yaitu kayu Basswood, kayu ini mempunyai konstruksi yang sangat ringan, cukup lembut dan mempunyai corak warna yang terang. Jenis kayu ini menghasilkan suara yang nyaring dan bagus untuk pembuatan gitar akustik, dan juga kayu ini mempunyai grind dan dinamika yang bagus. Oleh sebab itu bahan ini biasanya digunakan untuk body Gitar dan juga leher gitar.


3. Kayu Ebony
Kayu ebony, hmmmm.. mungkin kalo di artikan ke dalam bahasa Indonesia terdengar lucu, Yap kayu ini merupakan kayu yang mempunyai karakteristik sangat gelap, keras dan juga padat. biasanya penggunaan kayu ini digunakan untuk gitar kelas atas, kayu jenis ini menghasilkan intonasi yang tepat dan terdengar memperjelas dari suara yang dihasilkan, jadi hasilnya sangat bagus untuk gitaris askutik kelas atas.

Kayu Hitam

4. Kayu Korina
Yang ke empat, ada kayu korina, Yap! jenis kayu yang mempunyai karakteristik cukup hangat dan resonasi suara yang bagus, kayu ini merupakan tipikal yang cukup ringan untuk digunakan sebagai bahan dasar gitar dan juga lebut (tidak lembek), dengan adanya karakteristik halus dari kayu tersebut dapat digunakan sebagai array (finishing) dari gitar tersebut sebgaia finishing yang menarik panjang dan garis-garis tipis.

kayu korina_bahan Gitar


5. Kayu Mahoni
Kayu ini mungkin tidak asing terdengar ditelinga kita, Yap! kayu ini biasa digunakan untuk bahan dasar dari mebel seperti Kursi, Meja, Lemari dan sebagainya, tahukan kalian kalau kayu ini juga digunakan untuk bahan dasar dari gitar?, Kayu ini berasal dari afrika dan amerika tengah dengan karakteristik mempunyai bobot yang cukup berat. Oleh sebab itu saat kayu ini  digunakan sebagai bahan dari body gitar, suara yang dihasilkan sangat hangat dan juga soft jika di dengar.


Kayu Mahoni_bahan dsar Gitar

6. Kayu Maple
Jenis kayu yang satu ini bersifat keras, padat dan berat, karakteristik dari kayu ini yang cukup terang dengan butiran padat, biasanya kayu ini ditemukan di daerah timur laut, barat laut amerika serikat dan kanada. Oleh sebab itu bahan ini dipilih sebagai bahan untuk body gitar karena nada yang dihasilkan dari kayu maple ini cerah dan tajam (diperjelas).



7. Kayu Poplar
Kayu ini tergolong jenis kayu hardwood yang mempunyai karakteristik lebih lembut dibandingkan dengan jenis kayu hardwood yang lainnya, kayu ini banyak sekali digunakan oleh produser gitar yang digunakan sebagai bahan dasar gitar, kayu ini dipilih karena mempunyai harga yang sangat terjangkau, sehingga banyak gitar - gitar yang harganya terjangkau menggunakan kayu ini.

8. Kayu Walnut
Kayu yang satu ini mempunyai karakteristik kayu yang cukup berat dan juga padat. Hal ini cenderung digunakan untuk menghasilkan suara yang hangat dan mungkin terdengar ditelinga lebih pada atau di pertegas suaranya. Kayu ini mempunyai warna coklat dengan polapori yang cukup bagus dan indah. Sehingga lebih menarik untuk bahan body gitar.



oke, Mungkin cukup sekian penjelasan mimin mengenai 8 bahan kayu yang biasanya digunakan untuk membuat sebuah gitar, jika da pertanyaan atau saran,bisa mengetik comment dibawah ini. See you soon!

***
Tag : Musik
19 Komentar untuk "8 Jenis Kayu yang Digunakan Untuk Membuat Gitar Akustik"

very interesting. greatly written

thanks for see my blog.. thak you

Being a music lover I really like and appreciate the post.

This is a very interesting post, thank you for sharing your knowledge

what a very nice writeup

Wow, I didn't know about this kind of wood!

I loved the photos detailing how guitars are made and the different types of wood and styles.

Woods for musical instruments produced quality sounds.....

Great info, wasn't aware there was so many guitar options.

Very beautiful wood used in the making of these instruments. Thank you for sharing your passion!

Wow cool:) This is a very interesting post

Great pictures! The woods are unique

Acoustic guitars work best with quality wood materials.. Salam kenal mas Siddiq

That's why guitar have a great sound..
salam kenal mas edwin.. hehehe

I had to translate this post to read it in English. However, it is interesting in reading the many types of wood that is used to make guitars!

This is a very informative post. Never thought that so many types of wood are used in making guitar

this is so interesting ! so much detail !

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top