10 Tips Belajar Cara Memainkan Gitar dengan Teknik yang Baik

10 Tips Belajar Cara Memainkan Gitar dengan Teknik yang Baik

Hallo Agan-agan sekalian, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai"10 Tips Belajar Cara Memainkan Gitar dengan Teknik yang Baik", Mungkin ada yang ingin tau dong cara untuk memainkan gitar dengan baik dan benar, 10 Tips ini dapat mempermudah kalian untuk menigkatkan skill bermain gitar kalian, Kali ini saya bakalan share pengalaman saya mengenai cara menggunakan teknik yang baik untuk bermain gitar.

Beberapa dari gitaris terkenal mempunyai skill yang cukup memukau bagi kita, pasalnya mereka mempunyai teknik dasar yang bagus untuk memainkan sebuah gitar, kali ini mimin ingin share pengalaman mimin mengenai memainkan gitar dengan teknik yang baik.

10 Tips Belajar Cara Memainkan Gitar dengan Teknik yang Baik

1. Hindari Pegangan Mati pada Tangan Kiri.

Ketika agan-agan memulai bermain gitar pertama kali, Pasti kalian bakalan langsung menemukan kesalahan saat memegang gitar pada bagian leher gitar, hal itu membuat kalian tidak dapat bergerak bebas untuk memainkan sebuah gitar, Kesalahan yang kalian lakukan yaitu posisi jari jempol kalian yang mengunci pada gagang gitar yang membuat kalian tidak dapat memainkan gitar atau memindah kunci gitar tidak leluasa. kemudian pada saat tangan kalian melakukan pegangan mati, mungkin ada senar ke 6 yang tertekan dengan jari jempol, Hal tersebut dapat membuat suara yang dihasilkan jadi tidak sesuai dengan kunci gitar yang kalian gunakan. Kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini.

Pegangan Gantung

Pada gambar di atas merupakan contoh pegangan mati, karena kalian melakukan posisi mencengkram. Teknik yang tepat untuk menghindari pegangan mati atau mencengkram leher gitar adalah, melepas pegangan tersebut, dengan cara meletakan ibu jari / jempol kalian pada bagian belakang leher gitar. hal ini dapat membuat pergerakan tangan kalian dapat leluasa untuk mengganti kunci-kunci gitar.

2. Melatih Berdiri dan Duduk Saat Memainkan Gitar.

Oke, lanjut ke Tips ke dua yaitu melatih untuk memainkan gitar dengan cara berdiri maupun duduk, mungkin diantara pembaca kebanyakan bermain gitar dengan duduku, hal itu berdampak buruk pada teknik memain kan gitar, pasalnya untuk memainkan gitar kita harus bisa memainkan gitar sambil duduk maupun berdiri, jadi latihlah kebiasaan untuk memainkan gitar sambil berdiri. Hal tersebut dapat melatih pergelangan tangan kalian agar dapat bergerak leluasa. kemudian dampak dari keseringan bermain gitar sambil duduk membuat punggung dan leher kalian pegal-pegal.

Belajar Gitar DudukBelajar gitar berdiri

3. Bermain Gitar Tidak Perlu Cepat-Cepat.

Tips yang ke tiga yaitu, jangan bermain gitar cepat-cepat, Hal itu dapat menyulitkan kita untuk memahami teknik bermain gitar dengan baik, dampak buruk dari bermain cepat dapat membuat kita kewalahan saat mengganti kunci gitar, dan hal itu dapat berdampak buruk dan menjadi kebiasaan.Tipsnya kita tidak perlu bermain gitar dengan cepat, cukup dengan perlahan - lahan. Nanti bakalan cepat juga kok.

Slowly

4. Mainkan ke 5 Jari dengan Benar.

Yang ke 4 yaitu. Mainkan 5 jari kalian dengan benar, hal ini dapat membuat insting agan-agan bangkit. Kemudian cara bermain dari masing-masing gitaris berbeda, ada yang perlahan memainkan jarinya, mulai dari 2 jari sampai 5 jari dan ada yang langsung untuk mempelaji ke 5 jari tersebut. well itu semua tergantung dari masing-masinglah.

Memainkan Ke 5 Jari Untuk Bermain Gitar

5. Menggunakan Metronom A!.

Nah, di Step ke lima kali ini kita bakalan menggunakan metronom sebagai patokannya, fungsi metronom ini sebagai pengiring ritme kita saat bermain gitar. Jadi kita bakalan tau diketukan mana kita main dan bagai mana cara mengatur alurnya lagu. Tapi, Untuk pemula jangan terlalu dipaksakan. Cukup belajar sebisanya dulu, jikalau sudah mahir lanjut menggunakan Metronom.


6. Terus Belajar Memainkan Cord yang Sulit.

Jika saat membawakan sebuah lagu, dan dilagu tersebut terdapat kunci yang mungkin cukup asing untuk pembaca sekalian dan sulit untuk di coba, saya sarankan janganlah menghindar dari hal tersebut. diusahakan untuk terus belajar, practice, mencoba terus menerus sampai kalian bisa melakukannya.

7. Disiplin dengan Jadwal Latihan.

Tips yang ke tujuh yaitu, membuat jadwal latihan. Dengan adanya jadwal latihan kita tidak akan lupa dengan materi yang sudah kita pelajari sebelumnya, Di harapkan dengan membuat jadwal latihan dapat membantu kalian untuk disiplin latihan dan terus berjuang untuk memainkan gitar dengan teknik yang baik.


8. Bermain Gitar Jangan Membungkuk.

HA!, ini ni yang biasanya terjadi saat kita sedang bermain maupun latihan. Jika kalian selalu membungkuk saat bermain Gitar, Takutnya bisa menjadi kebiasaan yang buruk dan membawa penyakit bagi agan-agan sekalian. Usahakan bermain gitar dengan punggung yang tegak namun dibawa santai.

9. Beristirahatlah Sambil Mendengarkan Musik.

Saat kita capek latihan saya sarankan istirahat terlebih dahulu, karena dengan Istirahat kita dapat lebih relax, Sambil Istirahat jangan lupa dengerin lagu yang kita mainkan saat latihan gitar. Hal ini dapat meningkatkan daya ingat kita dan kita bisa lebih relax.

10. Tingkatkan Skill, Menciptakan Gaya Bermain yang Unik.

Yang terakhir yaitu, meningkatkan skill kalian dengan melatihnya terus menerus. Biasanya mimin meningkatkan skill bermain gitar dengan menciptakan gaya bermain yang unik. Seperti menambahkan suara drum dengan memukulkan body gitar menggunakan telapak tangan sambil bermain gitar maupun yang lainnya. Semua itu tergantung dari masing-masing skill yang agan-agan miliki. Mimin share ni Tips meningkatkan Skill Gitar dengan mudah ---> "10 Tips Ampuh Meningkatkan Skill Bermain Gitar Secara Otodidak"


Oke, cukup sekian pembahasan kita kali ini, Jika ada pertanyaan bisa comment di kolom bawah. atau contact saya di kolom atas. See You!.


***
Tag : Musik
0 Komentar untuk "10 Tips Belajar Cara Memainkan Gitar dengan Teknik yang Baik"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top