Pengertian dan Prinsip Kerja dari LCD (Liquid Crystal Display)

Pengertian dan Prinsip Kerja dari LCD (Liquid Crystal Display)

Pengertian dan Prinsip Kerja dari LCD ( Liquid Crystal Display ) - Liquid Crystal Display atau biasa disebut dengan LCD merupakan suatu jenis media display yang menggunakan kristal cair atau biasa di sebut dengan (Liquid Crystal) untuk menghasilkan gambar yang terlihat. Penggunaan teknologi LCD atau tampilan kristal cair sudah banyak digunakan pada produk-produk elektronika, seperti layar Laptop, Layar ponsel atau Smartphone, Layar Kalkulator, Layar Jam digital, Layar monitor, Layar Kalkulator, televisi dan masih banyak lagi pengaplikasiaannya dalam dunia elektronika.

Penggunakan teknologi LCD memungkinkan produk elektronik dibuat menjadi jauh lebih tipis atau slim jika dibandingkan dengan teknologi tabung sinar katoda atau biasa di sebut ( Carhode Ray Tube atau CRT ). Jika di bandingkan dengan teknologi CRT yang bisa dibilang cukup "kuno", LCD menjadi solusi baru untuk menggantikan teknologi CRT, penggunaan LCD lebih hemat dalam konsumsi daya, karena LCD bekerja berdasarkan prinsip pemblokiran cahaya, sedangkan CRT menggunakan sistem pemancaran Cahaya.

Di balik hal tersebut LCD membutuhkan lampu backlight ( cahaya latar belakang ) sebagai pendukung LCD, karena LCD sendiri tidak memancarkan cahaya. Untuk menghasilkan backlight biasanya LCD menggunakan jenis-jenis backlight tertentu, diantaranya adalah backlight CCFL ( cold cathode fluorencent lamps ) dan backlight LED ( Light-Emitting Diodes )

Struktur Dasar LCD ( Light Crystal Display )

Pada dasarnya LCD terdiri dari dua bagian yaitu bagian Backlight ( Lampu Belakang ) dan bagian Liquid Crystal ( Kristal Cair ). LCD tidak bisa memancarkan cahaya apapun, LCD hanya merefleksikan dan mentransmisikan cahaya yang melewatinya. Oleh karena itu, LCD memerlukan cahaya latar belakang, Cahaya Backlight tersebut pada umumnya berwarna putih, sedangkan kristal cair ( Liquid Crystal ) sendiri adalah cairan organik yang berada diantara dua lembar kaca yang memiliki permukaan transparan yang konduktif.

Bagian-bagian LCD diantaranya adalah :
  • Lapisan Terpolarisasi 1 (Polarizing Film 1)
  • Elektroda Positif (Positive Electrode)
  • Lapisan Kristal Cair (Liquid Cristal Layer)
  • Elektroda Negatif (Negative Electrode)
  • Lapisan Terpolarisasi 2 (Polarizing film 2)
  • Backlight atau Cermin (Backlight or Mirror)
untuk lapisan-lapisan tersebut secara detail bisa dilihat pada gambar di bawah ini :

Struktur Dasar LCD ( Light Crystal Display )
Note :

Untuk penggunaan LCD pada Kalkulator dan Jam tangan digital pada umumnya menggunakan cermin untuk memantulkan cahaya alami supaya dapat menghasilkan digit yang terlihat pada layar. Sedangkan untuk penggunaan LCD yang lebih modern dan berkualitas tinggi seperti TV, Laptop dan Smartphone menggunakan lampu backlight untuk menerangi pixel kristal cair. Pada umunya lampu backlight tersebut berbentuk persegi panjang atau Strip lampu Flourescent atau Light Emitting Diode ( LED )

Prinsip Kerja LCD ( Liquid Crystal Display )

Mungkin diantara pembaca ada yang sudah memahami pengertian dari Cahaya Putih, cahaya putih adalah cahaya yang terdiri dari ratusan cahaya warna yang berbeda, ratusan cahaya warna tersebut akan terlihat apabila cahaya putih mengalami perubahan arah sinar atau Refleksi. Maksudnya yaitu, jika beda sudut refleksi maka berbeda pula warna cahaya yang dihasilkan. Untuk Backlight LCD yang berwarna putih akan memberikan pencahayaan pada Liquid Crystal atau kristal cair. Kristal ini akan menyaring backlight yang diterimanya dan merubah arah sudut sinar sesuai dengan sudut yang diinginkan sehingga menghasilkan warna yang dibutuhkan. Kerika terjadi refleksi, sudut kristal cair akan berubah apabila diberikan tegangan dengan nilai tertentu. Cahay backlight yang sebelumnya berwarna dapat berubah menjadi berbagai warna.

Contohnya, jika anda mau menghasilkan warna putih, maka liquid crystal akan dibuka selebar-lebarnya sehingga cahay backlight yang berwarna putih dapat di tampilkan, begitu juga sebaliknya, Jika anda ingin menampilkan warna hitam, maka liquid crystal harus ditutup serapat-rapatnya sehingga tidak ada cahaya backlight yang daoat menembus, untuk merubah warna lain selain warna putih dan warna hitam, anda harus mengatur sudut refleksi kristal cair yang bersangkutan.

Jenis LCD
LCD 16x2 Warna Kuning
Jenis LCD
LCD 16x2 Warna Merah
Jenis LCD
LCD 16x2 Warna Biru

Gimana pembahasan mengenai LCD? Jika ada yang perlu di pertanyakan atau ada saran bisa comment pada kolom di bawah ya!.

Jangan Lupa Berkunjung ya!!
Sensor Suhu dan Jenis-Jenisnya
~ 9 Tips Untuk Mahasiswa Baru
Tips and Trik, Membeli Sepatu Bekas Berkualitas
~ Tips and Trik, Cara Membersihkan Laptop dengan Benar
Tag : Electrical
7 Komentar untuk "Pengertian dan Prinsip Kerja dari LCD (Liquid Crystal Display)"

Mantap boss, bisa jadi referensi

Ooohhhh... gini ya sistem kerja dri LCD

Perbedaan yang berwarna sama yang tidak berearna cuman penambahan LCD saja?

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top