9 Tips Untuk Mahasiswa Baru

9 Tips Untuk Mahasiswa Baru

Selamat buat kalian yang baru masuk ke Universitas yang kalian inginkan, sudah pada penasaran kan dengan dunia perkuliahan, apa lagi buat kalian para maba (mahasiswa baru) yang penasaran dengan dunia perkuliahan. Kali ini saya bakalan ngasih tips nih buat kalian para mahasiswa baru yang baru masuk perguruan tinggi atau dunia perkuliahan. Ini beberapa tips dari pendahulu yang bakal kalian jadikan pengetahuan dasar suapaya tidak tersesat di kampus, langsung saja 9 tips untuk maba.

A GUIDE TO MABA (MAHASISWA BARU)

pada saat memasuki dunia kampus pasti kalian penasaran dong dengan kondisi kampus masing-masing, mungkin tips ini bisa jadi referensi buat kalian sebagai modal utama di dunia perkuliahan. Tips yang pertama yaitu :

1. Cari Info Beasiswa Kampus dan Luar Kampus
Pada saat awal perkuliahan pasti kalian tau sebagai seorang mahasiswa pasti akan melewati 3 tahun untuk Program D3 dan 4 tahun untuk program D4 dan S1, tidak cukup dengan IPK Cumlaude. Melainkan kalian harus melebarkan sayap kalian dengan mencari informasi-informasi tentang beasiswa guna untuk menunjang pendidikan dan masa depan kalian sendiri. Intinya kalian harus aktif untuk mencari informasi-informasi penting, bukan informasi beasiswa saja melainkan informasi yang lain yang dapat menunjang dunia perkuliahan kalian.

Beasiswa

2. Tempat Nongkrong yang Asik di Kampus
Di kampus kalian pasti bakalan ketemu tempat tongkrongan yang asik, selain sebagai sarana untuk melepas kepenatan kalian selama kuliah kalian juga bisa berdiskusi dengan kelompok kalian maupun untuk mengerjakan tugas, atau kalian bisa pergi ke perpustakaan untuk menambah wawasan kalian sambil menikmati WiFi gratis di perpustakaan (jika ada WiFi).

Tempat Nongkrong yang Asik di Kampus

3. Jadi Anak Kos yang Handal
Pada ngerti maksud dari "Jadi anak Kos yang Handal " ??, Maksudnya yaitu sebagai mahasiswa kalian pasti sudah di anggap dewasa, kalian kalau bisa lebih mandiri lagi dari sebelumnya, karena kalian pasti ada yang belum berpenghasilan sendiri. Jadi, pada saat kos kalian harus bisa belajar mengatur uang, waktu, dan belajar kalian. Untuk menghemat biaya makan kalian pada saat kos, mungkin kalian bisa membeli rice cooker untuk memasak nasi, jadi kalian tinggal membeli lauknya saja, kemudian untuk menambah uang jajan pada saat awal kos dengan cara mencari kos yang memiliki budget atau dana yang sedikit, sehingga kalian bisa menambah uang jajan kalian.

Jadi Anak Kos yang Handal

4. Kating (Kakak Tingkat) Hanya Kepadanya lalu Engkau Mengadu
Pasti dari masing-masing jurusan, prodi, maupun fakultas memiliki tradisinya masing-masing, pada saat awal memasuki dunia perkuliahan kalian akan mencari tau apa yang boleh dan tidak boleh di lakukan pada saat di kampus, kalian pasti bakalan butuh kating kalian untuk membimbing kalian dalam perkuliahan, contohnya kalian bisa bertanya dengan kating kalian tentang dosen killer, tips menghadapi dosen killer dan masih banyak lagi. Jadi momen ini bisa menjadi solusi jalan pintas kalian untuk mengenal lebih dekat dengan kanting kalian.

5. Beri Kesan yang Baik dan Jangan Malas-Malasan!
Jangan memanjakan malas mu. Memangsih terkadang kalian tergoda untuk menitipkan absen ke teman kalian namun hal itu kadang sulit di lakukan, ada dosen yang kadang mengecek kembali absen yang sudah "checklog", jika kalian ketahuan menitipkan absen ke teman kalian, siap-siap deh kalian bakalan punya urusan panjang dengan dosen tersebut atau kalian bisa saja di cutikan selama setahun. Serem cuy!

6. Pantau Terus Student Portal
Mungkin ada beberapa kampus yang sudah menggunakan student portal sebagai media para mahasiswa untuk melihat jadwal, absen, materi kuliah atau melihat nilai kuliah kalian, hal ini dapat membantu kalian untuk tetap update informasi dari kampus, kalian bakalan mengetahui informasi-informasi dari kampus secara cepat dan tepat, biasanya di student portal kalian bakalan dikasih informasi beasiswa. Hal itu dapat mempermudah kalian untuk mengejar beasiswa yang pingin kalian ambil.

Pantau Terus Student Portal

7. Beli Buku? Pinjem atau Foto Kopi Bisa Menjadi Alternatif
Ini nih yang bisa kalian aplikasikan buat kedepannya, untuk menghemat pengeluaran, kalian bisa meminjam buku pelajaran matkul di perpus atau kakak tingkat kalain, atau kalian bisa memfotocopy buku tersebut untuk meminimalisir pengeluaran kalian. jangan langsung percaya dengan dosen kalau kalian harus membeli buku yang beliau katakan. Cukup dengan meminjamnya atau memfotocopy buku tersebut.

8. Maba Kupu-Kupu???
Pada udah tau dengan istilah kupu-kupu? Di dunia perkuliahan kupu-kupu merupakan julukan buat maba yang kerjanya hanya kuliah pulang kuliah pulang, hal ini dapat berdampak pada dunia sosial di perkuliahan, kalian jadi tidak aktif dalam dunia perkuliahan dan susah untuk bersosialisasi di dunia kampus, jadi saya saranin buat kalian untuk tidak menjadi maba kupu-kupu, jadilah mahasiswa yang aktif dan berprestasi untuk meningkatkan wawasan kalian dan mengenal lingkungan sosial kampus. Biasanya masing-masing kampus memiliki UKM yang dapat menunjang ke aktifkan mahasiswanya, UKM adalah Unit Kegiatan Mahasiswa, di SMA atau SMK bisa disebut dengan ekskul, diperkuliahan biasanya di sebut UKM. Ayo! Kapan lagi bersosialisasi di lingkungan kampus, Jadilah mahasiswa yang aktif, jangan jadi mahasiswa kupu-kupu.
Mahasiswa Kupu-kupu
9. Ketahui Peraturan Kampus, Jangan TOXIC dulu!
Dimana - mana pasti ada yang namanya peraturan, begitu juga di dunia kampus. Peraturan di ciptakan untuk mengatur kegiatan yang ada di lingkungan kampus, jadi pada saat awal memasuki dunia kampus, kalian bakalan di kenalin dengan peraturan-peraturan yang ada di dunia kampus, hal ini bertujuan supaya kalian tidak melanggar kesalahan yang ada di kampus.

Ketahui Peraturan Kampus

Gimana menurut kalian?, Mungkin 9 tips tersebut bisa menjadi referensi kalian ke depannya, apalagi buat yang ngekos, bisa di jadiin panutran buat menghemat biaya selama kuliah. oke, jangan lupa untuk comment pada kolom di bawah jika ada pertanyaan maupun saran,see you!

Jangan Lupa Berkunjung ya!!!
Tips and Trik, Membeli Sepatu Bekas Berkualitas
Tips and Trik, Cara Membersihkan Laptop dengan Benar
10 Tips Aman Sebelum Membeli Laptop Bekas
~ Pencegahan Maintenance pada Sistem Hidrolik
1 Komentar untuk "9 Tips Untuk Mahasiswa Baru"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top