Perbedaan Bahasa Pemrograman C Sharp (C#) dengan Visual Basic (VB)

Perbedaan Bahasa Pemrograman C Sharp (C#) dengan Visual Basic (VB)

Perbedaan Bahasa Pemrograman C Sharp (C#) dengan Visual Basic (VB) - Mempelajari pemrograman sebaiknya dimulai dari cara yang sederhana dan menyenangkan untuk dilakukan, terutama untuk seorang siswa maupun mahasiswa. Jika di awali dengan cara yang sulit mungkin akan terkesan sangat membosankan dan mengurangi minat untuk mempelajari pemrograman (Febtriko dan Ira, 2018).  Program merupakan salah satu bentuk dari berbagai macam jenis aplikasi yang di gunakan dalam bidang bisnis ataupun ilmu pengetahuan (science) untuk menghasilkan bentuk laporan atau tujuan yang diinginkan (Febtriko dan Ira, 2018). Persaingan bisinis dan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi membuat pemrorgaman menjadi hal yang wajib digunakan sebagai sarana menganalisa suatu data maupun digunakan dalam hal lainnya dalam sisi positif. Salah satu jenis pemrograman yang digunakan yaitu Visual Basic (VB) dan C Sharp (C#).  Pada kesempatan kali ini penyusun akan menjelaskan secara sederhana apasih yang membedakan antara bahasa pemrograman C# / C Sharp dan Visual Basic (VB).

Visual Basic (VB.NET)


Bahasa pemrograman Visual Basic adalah jenis bahasa pemrograman tingkat tinggi berdasarkan Under Windows dan Orientation Object Programming, juga dikenal dengan singkatan OOP. yaitu sebuah pemrograman yang berorientasi objek pada platform windows. bahasa pemrograman ini juga menyediakan objek yang sangat berguna, kuat dan mudah untuk digunakan. Dengan fasilitas tersebut, maka secara tidak langsung users yang menggunakan bahasa pemrograman ini begitu menginginkan untuk mencobanya. Visual basic adalah bahasa pemrograman komputer yang di dalamnya berisi perintah atau instruksi yang dimengerti oleh computer. Bahasanya juga tergolong mudah dipahami sehingga users sekrang lebih banyak memilih untuk menggunakan bahasa ini. Selain digunakan sebagai program, visual basic juga sering digunakan sebagai tool untuk menghasilkan program-program aplikasi yang berbasis windows. Contoh pemanfaatan yang mungki bisa digunakan menggunakan visual basic yaitu:
  1. Bisa digunakan untuk program aplikasi berbasis Windows.
  2. Membuat sebuah objek pembantu program seperti file, help, control activex, aplikasi internet dan masih banyak lagi pengamplikasiannya.
  3. Menguji program dan menghasilakn suatu program akhir yang mana file nya berakhir .EXE, maksud dari (.EXE) yatiu Executable atau dapat langsung digunakan pada platfiorm window.
Bahasa ini sangat baik digunakan untuk pemula yang mau belajar bahsa pemrograman, lingkungan yang di bangun oleh visual basic membuat penggunakannya lebih mudah untuk membangun program apliaksi sederhana yang dapat mempermudah pekerjaan. Sedangkan untuk programmer tingkat lanjut. penggunakan VB.NET bisa digunakan untuk membuat sebuah program yang cukup complex. Contoh penerapan yang mungkin cukup rumit oleh programmer tingkat lanjut adalah membuat sebuah clien server atau membangun lingkungan komunikasi (Networking).

Selain itu bahasa pemrograman Visual Basic sangat sederhana dan menggunakan kata-kata bahasa Inggris yang umum digunakan, sehingga users tidak perlu mengingat sintaks atau bentuk bahasa yang berbeda-beda. Semuanya sudah disediakan oleh pihak developer dan users tinggal pick and place secara mudah untuk mengatur desain interface. Selain itu, alat pengembangan visual lebih memfasilitasi pengembangan program aplikasi berbasis Windows yang bersifat Mouse Driven (digerakkan dengan mouse) dan berdaya guna tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan VB.NET
Kelebihan dari visual basic yaitu Mudah untuk dipelajari, karena pada dasarnya bahasa yang digunakan sangat simple untuk dipahami. Lalu kelebihan lainnya yaitu Ukuran file yang dihasilakan cukup kecil. yap, hal ini sangat menguntungkan users yang sedang mendevelop aplikasi tanpa harus memikirkan banyaknya file yang harus di simpan pada storage. Dan yang terakhir yaitu Digunakan oleh banyak komunitas pemrograman.

Kekurangan dari visual basic yaitu Membutuhkan memori yang besar untuk running aplikasi. Bahasa pemrograman ini merupakan alat pengembangan  berbasis GUI (Graphical User Interface) dengan aspek grafis, sehingga memerlukan banyak ruang memori setelah instalasi. Meski membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, sayangnya bahasa pemrograman ini kurang banyak digunakan untuk membuat program yang membutuhkan banyak waktu pemrosesan seperti game. Lalu yang ke-2 yaitu Hanya bisa digunakan pada platform yang berbasis Windows, Hal ini karena perbedaan bahasa pemrograman lain yang bisa menciptakan aplikasi untuk digunakan selain operasional windows, contohnya seperti Java yang bisa digunakan dalam berbagai sistem operasional selain windows. Karena yang digunakan dalam 1 sistem operasional, maka membuat bahsa pemrograman ini kurang fleksibel untuk digunakan oleh programmer pemula.

C Sharp (C#)

Pada sebuah jurnal yang mengutip dari Nakov (2009) sebagai berikut : “C# is a modern object-oriented, general-purpose programming language, created and developed by Microsoft together with the .NET platform. There is highly diverse software developed with C# and on the .NET platform: office applications, web applications, websites, desktop applications, mobile applications, games and many others.”

Arti dari kutipan tersebut yaitu "bahasa pemrograman C# adalah bahasa orientasi yang moderen dengan orientasi bahasa pemrograman yang dapat digunakan secara umum, mudah dalah membuat dan mendevelop-nya dengan platform microsoft yang berbasis bahasa .NET. bahasa ini sangat tinggi digunakan untuk mendevelop software dengan C# dan di dalamnya menggunakan platform .NET : contohnya seperti aplikasi office, web applications, website, desktop application, bahkan bisa digunakan sebagai mobile applications, game dan masih banyak lagi. 

Seperti yang dijelaskan oleh Miles (2016) yang mengatakan bahwa “C# bears a strong resemblance to the C++ and Java programming languages, having borrowed (or improved) features provided by these languages.” yang sebenarnya bahasa ini adalah gabungan dari C++ dan Java.

Kelebihan dan kekurangan 


Kelebihan dari bahasa pemrogramana C# yaitu lebih Fleksibel untuk digunakan, Maksudnya disini, bahasa yang digunakan dapat di eksekusi di mesin computer sendiri atau di transdmisikan ke website dan di eksekusi langsung oleh komputer lainnya. Memiliki fitur penyediaan bantuan untuk membuat tampilan yang complicated dengan adanya fitur tambahsan seperti frames, dropdown, tabbed windows, group button, scroll bar, background image dan masih banyak fitur lainnya. memory management lebih mudah, maksudnya disini yaitu: dalam bahasa ini dilengkapi dengan adanya garbage collector yang membebaskan memory secara otomatis sehingga membuat memory tidak leakBanyak fungsi yang tersedia di Base Class Library .NET Framework, yaitu pemrograman .NET framework berkembang sangat cepat dan semakin banyak fitur yang membuat kita lebih produktivitas bertambah. 

Kekurangan dari bahasa pemrograman C# yaitu, banyakn operator dan fleksibelitasnya membuat users bingung saat memakai bahasa pemrograman ini. Lalu bagi pemula pada umumnya akan kesulitan untuk menggunakan pointer.

Currently we have on final season, Hopefully this writer and sharing knowledge can help you to direct your opinion and main set about different between C# and Visual Basic.


Referensi article
  • Miles, Rob. 2016. C# Programming Yellow Book. Cheese Edition. 
  • Nakov , Svetlin. 2009 FUNDAMENTALS OF COMPUTER PROGRAMMING WITH C#. SoftUni. Bulgaria

Tag : Programing
0 Komentar untuk "Perbedaan Bahasa Pemrograman C Sharp (C#) dengan Visual Basic (VB)"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top