Bagian-Bagian Utama Mesin Gerinda Datar


Bagian-Bagian Utama Mesin Gerinda Datar - Mungkin di benak anda ketika mendengeri kata "Mesin Gerinda" pasti mendefinisikan bahwa mesin ini merupakan  sebuah mesin yang digunakan untuk memotong suatu benda kerja. Nyatanya mesin tersebut bukan hanya digunakan sebagai mesin pemotong, bisa juga di aplikasikan sebagai sebuah mesin yang digunakan untuk mengikis dan menghaluskan benda kerja. Selain itu banyak jenis-jenis dari mesin gerinda datar. Mulai dari mesin gerinda dengan posisi spendel yang vertikal, hingga ada juga spindel yang bersudut horizontal. Nah!, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai bagian utama yang ada pada sebuah mesin gerinda. Meskipun memiliki jenis dan ukuran yang berbeda-beda, mesin gerinda datar secara kasar memiki bagian-bagian utama yang sama, diantaranya yaitu :


1. Alas (Base) 
Alas mempunyai konstruksi berbentuk persegi panjang yang mana fungsinya untuk mendukung bagian-bagian utama  mesin gerinda. Untuk memberikan fondasi yang kaku, alas juga menopang jalan penuntun (ways) yang memungkinkan benda kerja bisa bergerak secara bolak-balik pada saat dilaksanakan operasi penggerindaan.

2. Kolom 
Kolom atau bisa juga disebut sebagai tiang, merupakan komponen  utama yang terletak pada bagian atas mesin yang menyokong spindel dan mengendalikan gerakan vertikal dari roda gerinda, yang mana bagian ini juga digunakan untuk mengatur kedalaman penggerindaan pada benda kerja.

3. Sadel (Saddle) 
Sadel adalah bagian komponen yang dipasang pada jalan penuntun (ways) dari alas mesin gerinda. Sadel merupakan bagian yang mendukung meja   pada mesin gerinda. Gerakan sepanjang jalan penuntun sadel dikendalikan oleh roda tangan pemakanan melintang atau biada disebut dengan (crossfeed handwheel).

4. Meja mesin
Meja mesin gerinda yang bisa bergerak secara bolak-balik dipasang pada jalan penuntun yang berada pada sadel yanag mana pada meja ini terdapat sebuah komponen pemegang benda kerja. Gerakan meja sepanjang jalan penuntun alas dikendalikan oleh sebuah roda tangan meja (table handwheel).


5. Blok Pembatas (Dogs)  
Blok Pembatas atau  Cakar pembatas merupakan bagian komponen utama yang berfungsi untuk mengatur panjang langkah meja atau pembatas langkah gerak bolak-balik meja.

6. Kepala roda gerinda (wheel head) 
Kepala roda gerinda dipasang pada jalan penuntun yang berada pada kolom, yang mana pada kepala roda gerinda terdapat sebuah rumah spindel (spindle housing). Gerakan kepala gerinda bergerak pada range sepanjang jalur penuntun kolom yang dikendalikan oleh roda tangan pemakanan roda gerinda (wheel feed handwheel).


7. Roda gerinda 
Roda gerinda adalah alat potong pada mesin gerinda yang digunakan untuk memotong atau menggerinda benda kerja. Roda gerinda terdiri dari butiran asah (abrasif) dan bahan perekat, di mana roda ini dipasang pada spindel mesin.

8. Sistem hidrolik  
Sistem hidrolik terdiri dari bak oli, oli (Fluida), pompa oli, katup pengatur dan silinder hidrolik yang merupakan sistem penggerak pada meja mesin.

9. Sistem pendingin 
Sistem pendingin terdiri dari bak air pendingin, air pendingin, pompa air, selang dan keran. Sistem pendingin pada mesin gerinda merupakan sistem yang mengatur sirkulasi cairan pendingin ketika melakukan kegiatan menggerinda.

10. Panel kontrol 
Pada panel kontrol terdapat tombol-tombol kelistrikan yang diguankan untuk mengendalikan motor spindel, pompa cairan pendingin, pompa oli dan tombol darurat. Tapi semua itu tergantung juga dari fitur fitur lain yang ada pada mesin gerinda. Soalnya mesin gerinda datar memiliki banyak model.


***
Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Bagian-Bagian Utama Mesin Gerinda Datar"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top