Mengenal Shock Absorber (Suspensi) pada Mobil

Mengenal Shock Absorber (Suspensi) pada Mobil

Mengenal Shock Absorber (Suspensi) pada Mobil - Shock Absorber atau biasa disebut dengan peredam kejut (dalam bahasa Indonesia) merupakan salah satu komponen sistem suspensi pada Mobil yang berfungsi untuk meredam gerakan osilasi naik turun dari ban akibat jalan yang tidak rata dengan tujuan supaya gerakan tersebut tidak mengganggu pengendalian dan kenyamanan pengemudi sekaligus penumpang.

Pada gerakan osilasi naik turun yang terjadi pada ban direduksi dan diubah menjadi sebuah energi panas di dalam shock absorber. Hal ini dapat mengakibatkan getaran-getaran akibat gerakan naik turun pada jalan yang tidak rata supaya bisa diredam.

Suspensi

Pada umumnya, Shock Absorber dipasang diantara rangka (Chassis) dengan poros roda. Bentuknya yang tabung biasanya diisi dengan oli hidrolik atau gas dan terhubung dengan sebuah poros silinder. Oli hidrolik ataupun gas inilah yang akan meredam efek banting pada roda ke bodi kendaraan.

Cara Kerja Shock Absorber (Suspensi)
Untuk cara kerjanya, shock absorber bekerja berdasarkan gerakan yang terjadi antara rangka dengan poros roda. Hal inilah yang akan mengakibatkan silinder dan tabung shock absorber bekerja secara memanjang dan memendek. Kemudian, pada proses memanjang dan memendek ini akan diredam oleh media yang digunakan oleh shock absorber itu sendiri, seperti oli hidrolik atau gas. Untuk prosesnya bisa dilihat pada animasi dibawah ini.

Shockbreaker

***
Tag : Automotive
1 Komentar untuk "Mengenal Shock Absorber (Suspensi) pada Mobil"

gan jenis jenis shock yang lain juga di kenalin, biar makin banyak wawasannya. Oiya BTW tulisan artikelnya lumayan kena dan mudah di pahami

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top