Perbedaan MCB dan MCCB, Berikut Penjelasannya


Perbedaan MCB dan MCCB, Berikut Penjelasannya - Pada zaman sekarang, sangat jarang sekali kita melihat daerah-daerah yang sulit mendapatkan pasokan listrik untuk kebutuhan sehari-hari. Baik itu di perkotaan, maupun di daerah pedesaan, semua sudah mulai terjangkau untuk mendapatkan listrik. Jika kita berbicara tentang pemakaian listrik beserta alat-alatnya, pasti terdapat sebuah panel listrik. Panel listrik adalah sebuah perangkat yang mengatur dan mendistribusikan listrik dari sumber listrik ke alat-alat listrik pada fasilitas tersebut. Panel inilah yang sangat membantu untuk mendistribusikan listrik ke rumah-rumah kita. Dari panel tersebut ada part komponen yang akan di bahas pada kesempatan kali ini, yaitu sebuah komponen listrik yang fungsinya sangat membantu dalam kebutuhan listrik harian, yaitu MCB dan MCCB.

1.  MCB (Miniature Circuit Breaker)
MCB adalah singkatan dari Miniature Circuit Breaker. Jika di artikan MCB merupakan suatu alat pemutus rangkaian listrik yang mempunyai ukuran atau bentuk yang kecil. MCB berfungsi sebagai pemutus dan penghubung dalam suatu rangkaian listrik, selain itu MCB juga dilengkapi dengan sistem pengaman yang dapat memutuskan rangkaian listrik secara otomatis ketika terjadi arus lebih atau yang biasa kita kenal dengan Over Current.


Arus lebih bisa terjadi karena kelebihan pemakaian beban listrik atau adanya hubungan singkat pada rangkaian listrik. Batasan arus listrik yang bisa dibebankan dalam suatu MCB sesuai dengan spesifikasi yang tertera pada MCB tersbeut atau bisa melihatnya secara langsung di internet sesuai dengan datasheet yang ada. Contohnya sebuah MCB tertulis 2A berarti MCB akan memutuskan rangkaian saat arus yang dialiri melebihi 2A.

MCB Memiliki beberapa kutub (Pole), antara lain MCB 1P, MCB 2P, MCB 3P, MCB 4P dan MCB digunakan untuk beberapa pilihan tegangan listrik seperti 220 Volt hingga 400 Volt. Untuk MCB sendiri tidak didukung untuk penambahan aksesoris lain seperti SHT, UVT, Switch, Relay dan beberapa aksesoris tambahan lainnya yang biasa digunakan pada MCCB.

2. MCCB (Moulded Case Circuit Breaker)
MCCB adalah singkatan dari Moulded Case Circuit  Breaker, yang mana bisa diartikan sebagai suatu alat oemutus rangkaian yang berbentuk kotak atau persegi.Seperti halnya MCB, MCCB juga tidak hanya berfungsi sebagai pemutus dan penghubung rangkaian listrik, selain itu kemampuan dari MCCB memutus secara otomatis ketika dibebani dengan arus yang melebihi kapastitas maksimal MCCB tersebut.


MCCB mempunyai kemampuan hantar arus maksimal lebih besar jika dibandingkan dengan MCB, kemampuannya ada yang bisa mencapai 1000A. MCCB ada yang dibekali dengan kelebihan yang dibekali dengan selektor pilihan batas arus maksimal MCCB.

Untuk MCCB sendiri ada beberapa pilihan jumlah pole (kutub). Ada yang MCCB 2P, MCCB 3P, MCCB 4P, meskipun ada yang menyediakan MCCB 1P namun jarang ada yang menggunakannya. Komponen ini digunakan untuk berbagai jenis kebutuhan, dari LV (Low Voltage) hingga MV (Medium Voltage). Untuk membedakan antara ke 2 komponen tersebut (MCB dan MCCB) bisa dilihat pada tabel di bawah ini.


Untuk perbedaan pada rating arus. Rating arus adalah konsumsi arus yang dibutuhkan oleh alat tersebut untuk beroperasi. MCB listrik mempunyai kapasitas rating arus yang lebih kecil, berkisar 63 Amps. Sedangkan MCCB memiliki kapasitas rating arus hingga 1000 Amps. Sehingga MCB listrik lebih cocok untuk dipakai di alat-alat dengan rating kecil, sedangkan MCCB digunakan untuk alat-alat yang lebih berat. Harga MCB listrik juga lebih murah jika dibandingkan dengan harga MCCB, hal ini dikarenakan MCCB memang ditujukan untuk digunakan pada alat-alat yang berat. Dari ukuran, MCCB juga lebih besar.

Lalu ada juga Trip Level. Trip Level adalah batas ambang arus yang melewati CB yang menyebabkan CB itu untuk switch off. Sehingga, pada saat arus yang melewati sebuah CB melewati jumlah seharusnya, maka CB secara otomatis akan memutus arus itu. Jumlah arus yang melebihi jumlah sebenarnya adalah hal yang sering menyebabkan terjadinya kebakaran pada bangunan, sehingga sangat CB penting untuk berfungsi dengan baik. Pada MCB listrik, Trip Level tidak dapat diatur, sedangkan untuk MCCB sendiri, trip level-nya bisa diatur oleh pengguna sesuai kebutuhan.

***
Tag : Electrical
2 Komentar untuk "Perbedaan MCB dan MCCB, Berikut Penjelasannya"

gan pembahasan tentang MCCB nya dong lebih dtail

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top