Pengertian, Fungsi dan Prinsip Kerja Sensor LDR

Pengertian, Fungsi dan Prinsip Kerja Sensor LDR

Pengertian, Fungsi dan Prinsip Kerja Sensor LDR -  Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai sensor LDR atau biasa disebut dengan Light Dependert Resistor. Penjelasannya akan meliputi Pengertian LDR, Fungsi LDR, dan bagaimana Cara Kerja dari sensor LDR tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat membaca penjelasan di bawah ini.

Pengertian Sensor LDR

Light Dependent Resistor adalah salah satu komponen elektronika yang masuk ke dalam golongan resistor yang nilai resistansinya akan berubah-ubah sesuai dengan intensitas cahaya yang mengenai sensor ini. Sensor LDR juga bisa digunakan untuk sensor cahaya. Perlu diketahui bahwa nilai resistansi dari sensor ini sangat bergantung pada intensitas cahaya yang didapat. Semakin banyak cahaya yang mengenainya, maka akan semakin menurun nilai resistansinya. Begitu juga sebaliknya, jika semakin sedikit cahaya yang mengenai permukaan sensor LDR (gelap), maka nilai hambatannya akan menjadi semakin besar sehingga arus listrik yang mengalir akan terhambat. Untuk bentuk fisiknya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

LDRLight Dependent Resistor


Pada dasrnya Sensor LDR mempunyai nilai hambatan sekitar 200 Kilo Ohm ketika dalam kondisi sedikit cahaya (gelap), dan akan menurun menjadi 500 Ohm pada saat kondisi terkena banyak cahaya. Maka tidak heran jika komponen elektronika peka cahaya ini banyak diaplikasikan sebagai sensor lampu penerang jalan, lampu kamar tidur, alarm dan lain-lain.

LDR berfungsi sebagai sebuah sensor cahaya pada berbagai macam rangkaian elektronika contohnya pada saklar otomatis berdasarkan cahaya yang jika sensor terkena cahaya maka arus listrik akan mengalir (ON). Begitu juga sebaliknya. jika sensor dalam kondisi minim cahaya (gelap) maka aliran listrik akan terhambat (OFF). LDR juga sering digunakan sebagai sensor lampu penerang jalan otomatis, lampu kamar tidur, alarm, rangkaian anti maling otomatis menggunakan laser, sutter kamera otomatis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Kerja Sensor LDR

Prinsip kerja dari sensor LDR sangat sederhana dan tidak jauh berbeda dengan variable resistor pada umumnya. Sensor LDR dipasang pada berbagai macam rangkaian elektronika dan bias digunakan untuk memutus dan menyambungkan aliran listrik berdasarkan cahaya yang diterima. Semakin banyak cahaya yang mengenai LDR maka nilai resistansinya akan menurun, dan sebaliknya semakin sedikit cahaya yang mengenai LDR maka nilai hambatannya akan semakin membesar. Pada gambar dibawah merupakan animasi dari komponen sensor LDR.

Animasi komponen LDR

 ***
Tag : Electrical
0 Komentar untuk "Pengertian, Fungsi dan Prinsip Kerja Sensor LDR"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top