Cara Untuk Menyetel Ukulele

Cara Untuk Menyetel Ukulele

Cara Menyetel Ukulele - Ukulele identik dengan bentuknya seperti gitar kecil namun mempunyai 4 buah senar, lebih sedikit dibandingkan dengan gitar yang mempunyai 6 senar atau lebih bisa sampai 12 senar. untuk menyetemnya cukup sulit jika kalian bari memulai memainkannya. Untuk menyetem ukulele, kalian bisa melakukan dengan beberapa cara seperti dibawah ini.

1. Mengetahui Susunan pada Badan Ukulele

# Menghapalkan Nada Senar

Menghapalkan Nada Senar


Pada ukulele, biasnaya ukulele yang umum digunakan yaitu ukulele sopran dan tenor, ke dua ukulele tersebut memiliki 4 buah senar dengan Pitch "G.C.E.A" : dengan posisi G di bawah C tengah (Grendah). C tengah, E, dan A. Pada setiap senar bisa di setel dengan mengencangkan dan mengendurkan senar melalui alat pemutar pada ujung papan petik ukulele.

# Mengenal Alat Pemutar


Mengenal Alat Pemutar

Pada alat ini, biasanya digunakan untuk mempermudah kalain untuk mengidentifikasi masing-masing alat pemutar pada setiap senar, kemudian pegang ukulele dengan papan petik yang berada di atas. Alat pemutar kiri bawah biasanya milik senar G, sedangkan pada alat pemutar di atasnya yaitu senar C, kemudian alat pemutar kanan atas milik senar E dan yang terakhir alat pemutar dibawahnya digunakan untuk senar A.
  • Menurut ketentuan, alat pemutar adalah alat yang bisa digunakan untuk memutar dan mengatur nada senar. Arah pemutaran juga berbeda-beda pada setiap instrumen. Jadi sebaiknya mempelajari terlebih dahulu. Biasanya arah pemutar ini akan sama pada semau alat pemutar pada satu instrumen.
  • Mengencangkan senar untuk menaikkan nada dan untuk menurunkan nada, kalian bisa mengendurkan senar tersebut.
  • Hati-hati pada saat menyetem, jangan menyetem senar terlalu kencang.
# Mengenal Lokasi Senar

 Mengenal Lokasi Senar

Biasanya senar diberi label angka dari yang paling jauh hingga yang paling dekat dengan kalian pada saat memainkan ukulele menggunakan tangan kanan. Senar pertama adalah senar A, kemudian yang ke dua adalah senar E dan yang ketiga adalah senar C,disusul dengan senar keempat yaitu senar G.

# Mengenal Posisi Fret


Mengenal Posisi Fret

Pada ukulele, fret diberi label angka pada ujung dekat dengan alat pemutar hingga papan gema. Fret yang paling dekat dengan alat pemutar yaitu fret pertama. Menekan senar pada fret pada saat kalian memetiknya akan menaikkan nada senar tersebut.

2. Mencari Nada pada Ukulele

# Menyetem Menggunakan Piano atau Keyboard


Menyetem Menggunakan Piano atau Keyboard

Untuk menyetem menggunakan piano, kalian bisa menekan Tuts pada piano, kemudian setem senar ukulele hingga nada sama dengan bunyi yang di keluarkan pada piano.

# Menyetem Menggunakan Pipa Penyetem


Menyetem Menggunakan Pipa Penyetem

Dengan alat yang satu ini kalian bisa menyetem ukulele untuk menserasikan nada yang ada pada pipa penyetem. Cara untuk menyetemnya yaitu, tiup pipa sesuai dengan nada yang kita butuhkan, kemudian petik senar pada ukulele dan putar untuk menyetem senar sampai bunyi yang di keluarkan senar sesuai.

# Menyetem Menggunakan Tuner Elektrik


Menyetem Menggunakan Tuner Elektrik

Untuk menyetem menggunakan tuner elektrik sebenarnya ada 2 jenis tuner elektrik yang bisa digunakan. Yang pertama yaitu memainkan sebuah nada untuk kalian ikuti, dan yang ke dua yaitu menganalisis nada senar dan memberi tahu kepada kalian apakah senar ini terlalu tinggi atau terlalu rendah. Menurut saya sendiri, metode ini cukup mudah dan paling membantu untuk menyetem ukulele bagi pemula yang masih kesulitan untuk menyetem.

3. Menyetem Senar

# Menyetem Senar G


Menyetem Senar G

Untuk menyetem senar G kalian bisa menyetem senar tersebut yang paling dekat dengan kalian hingga nadanya tepat.

# Mainkan Senar A


Mainkan Senar A

Tempatkan jari kalian pada fret kedua, kemudian menekan senar G yang telah kalian setem. Ini adalah nada A, sama dengan nada senar yang paling jauh daru kalian.

# Menyetem Senar A


Menyetem Senar A

Untuk menyetem senar A, kalian bisa menggunakan sistem berdasarkan nada yang kalian mainkan pada senar G.

# Mainkan Nada G pada Senar E


Mainkan Nada G pada Senar E

Tempatkan posisi jari pada fret ketiga untuk menekan senar E. Hal ini bertujujan untuk mengetahui nada G dan sama degan senar G. Jika keduanya tidak mengeluarkan nada yang sama, kemungkinan besar senar E tidak tepat setemannya.

# Menyetem Senar E


Menyetem Senar E

Setem senar E hingga nada sama dengan nada senar G.

# Memainkan Nada E pada Senar C


Memainkan Nada E pada Senar C

Posisikan jari kalian pada fret keempat menekan senar C untuk mendapatkan nada E.

# Menyetem Senar C


Menyetem Senar C

Setem senar C hingga nadanya sama dengan nada senar E.


***
Tag : Musik
0 Komentar untuk "Cara Untuk Menyetel Ukulele"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top