3 Cara Memainkan Ukulele

3 Cara Memainkan Ukulele

3 Cara Memainkan Ukulele - Ukulele. Mungkin banyak yang sudah mengetahui tentang alat musik yang satu ini. Ukulele merupakan alat musik asal Hawai yang mempunyai suara yang cukup unik. Ukulele mempunyai ukuran yang lebih kecil, sehingga dapat dimainkan oleh berbagai usia. Pada artikel ini, saya akan membahas mengenai Ukulele dan cara memainkan Ukulele. Mau tau?, yuk langsung simak artikel beriku ini.

1. Memahami Dasar-Dasar Ukulele
Pertama kali pada saat ingin memainkan sebuah ukulele pasti harus mengetahui dasar-dasar terlebih dahulu. Dasar-dasar tersebut antara lain yaitu; Memilih Ukulele, Mengetahui bagian-bagian ukulele, Tuning ukulele anda sebelum memainkannya. Mungkin dengan dasar-dasar tersebut dapat membuat anda lebih paham lagi mengenai ukulele.

Memilih Ukulele
sebenarnya ada beberapa jenis dan ukuran ukulele yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda. Sebagai pemula, Pilihlah ukulele yang tidak terlalu mahal. Karena suara yang dihasilkan sama dengan ukulele mahal. Pada ukulele terdapat 4 jenis yang biasa digunakan, yaitu :

# Ukulele Soprano.
Ukulele ini merupakan ukulele yang umumnya sering digunakan. Ukulele ini mempunyai jumlah Fret sekitar 12 hingga 14.

Ukulele Soprano

# Ukulele Alto.
Ukulele yang satu ini biasa dimainkan dalam sebuah pertunjukan dan sedikit lebih besar dibandingkan ukulele soprano. Ukulele ini mempunyai jumlah Fret sebanyak 15 hingga 20 Fret. Karena ukurannya yang sedikit lebih besar, maka orang yang memilki jari tangan cukup besar akan lebih mudah memainkan uklele alto.

Ukulele Alto

# Ukulele Tenor.
Ukulele ini mempunyai jumlah Fret sebanyak 15 atau lebih. Suara yang dihasilkan juga lebih nyaring dari pada ukulele alto atau soprano. Selain itu, dengan ukuran yang lebih besar dan jumlah fret yang lebih banyak, memungkinkan untuk lebih menjamngkau banyak kunci.

Ukulele Tenor

# Ukulele Bariton.
Ukulele bariton mempunyai ukuran yang paling besar diantara ketiga ukulele lainnya. Jumlah Fret yang dimiliki mencapai 19 lebih. Dapat lebih mudah untuk menambah variasi kunci yang dapat dimainkan. Tuning untuk ukulele bariton sama dengan tuning nada pada keempat senar terbawah dari gitar normal. Karena ukurannya yang sempurna dapat lebih mudah untuk dimainkan dari pada ukulele lainnya. Maka jenis ukulele bariton paling cocok jika anda ingin menggunakannya dengan cara profesional.

Ukulele Bariton

Mengetahui Bagian-Bagian Ukulele
sebelum anda memainkan sebuah ukulele, anda harus mengetahui terlebih dahulu setiap bagian dari ukulele tersebut. Bagian-bagian tersebut antara lain yaitu Body, Neck, Fret, Head stock, Strings. Untuk lebih jelasnya lbisa dilihat pada artikel dibawah.

Bagian-bagian Ukulele

# Body Ukulele
Pada bagian Body ukulele merupakan bagian utama dari ukulele. Pada Body terdapat lubang suara untuk menghasilkan resonasi suara dari ukulele tersebut.

Body ukulele

# Neck Ukulele
Pada bagian Neck, merupakan bagian yang menyatu dengan bagian body ukulele. Neck biasanya terdapat baris-baris untuk memainkan kunci yang disebut dengan Fret atau Fret board.

Neck ukulele

# Fret Ukulele
Fret adalah bagian di dalam Neck yang terdapat baris-baris logam. Pada setiap Fret membagi senar menjadi nada-nada yang berbeda-beda.

fret ukulele

# Head Stock (Kepala Ukulele)
Pada bagian ini merupakan bagian ujung dari Neck yang dimana terdapat alat pemutar untuk nada pada setiap senar.

head stock ukulele

# Strings Ukulele
Ini merupakan bagian yang dapat menghasilkan suatu frekuensi. Ukulele memiliki 4 senar didalamnya dengan urutan yaitu, Senar paling atas adalah senar nomer 1, senar kedua adalah senar nomer 2, senar nomer 3 adalah senar ke 3 dan senar nomer 4 adalah senar ke empat. 

`strings ukulele

Tuning Ukulele Sebelum Memainkannya
Penting buat anda untuk tuning ukulele pada nada yang benar dari setiap senarnya sebelum memainkannya. Cara untuk tuning ukulele yaitu dengan cara memutar alat pemutar yang terdapat pada bagian Hear Stock untuk mengencngkan atau mengendurkan senar.

menyetel ukulele

Jika sering memainkan ukulele, maka ketegangan pada senar akan sering berkurang. Oleh sebab itu harus selalu mengeceknya sebelum memainkan ukulele. Setelah tuning ukulele, lanjut untuk mengatur urutan nada pada setiap senar ukulele. Senar paling atas bernada G, kemudian senar yang berada dibawah bernada C. Selanjutnya, Senar kedua dari bawah bernada E dan senar yang paling bawah bernada A. Jika semua sudah diatur sesuai dengan urutan nada, mungkin kalian bisa menggunakan Tuner untuk membantu menentukan nada yang benar pada setiap senarnya.

Tuner

Jika anda memiliki piano, mungkin anda dapat menggunakannya untuk membantu anda melakukkan tuning pada ukulele. Selain untuk mecocokan nada pada ukulele, mungkin bisa sesekali memainkannya untuk menentukan nada yang lebih tepatnya.

Mencari Posisi yang Nyaman Untuk Memainkan Ukulele
Pada saat memainkan ukulele, posisikan tubuh anda dengan nyaman saat anda memainkan ukulele, supaya suara yang dihasilkan dapat keluar dengan bagus. Pastikan anda nyaman saat memainkan dan memegang Neck ukulele anda sebelum memainkannya.

memainkan gitar
  • Pada saat duduk atau berdiri, pastikan posisi tersebut tetap memegang ukulele anda dengan nyaman
  • Posisi Ukulele harus berada di dada anda, lalu pada tangan kiri anda menahan pada bagian Neck sembari memainkan kunci-kunci dasar ukulele. Pada tangan kanan, selain digunakan untuk memetik ukulele tersebut juga harus sambil menekan ukulele pada dada anda untuk menahannya.
  • Untuk bagian Neck -nya harus ditahan oleh ibu jari anda selagi 4 jari lain memainkan kunci pada Fret ukulele anda.
  • Menggunakan kuku jari saat anda memetik ukulele dengan tangan kanan anda.
  • Memetik senar tepat diatas lubang pada bagian body untuk menghasilkan suara yang baik.
  • Usahakan Untuk tidak membungkukan badan pada saat anda memainkan ukulele. Jaga posisi bahu anda suapaya tetap dalam posisi tegak. Sealin untuk menjaga penampilan saat memainkan ukulele ini, anda juga harus menghindari rasa sakit pada punggung anda.
2. Mempelajari Cord/Kunci Pada Ukulele
Cara yang ke dua yaitu mempelajari kunci dasar pada ukulele. Pada tahapan mempelajari kunci dasar kalian akan memahami terlebih dahulu kunci dasar pada ukulele, kemudian kalian akan mempelajari kunci mayor dasar pada ukulele dan yang ke tiga mempelajari kunci minor dasr pada ukulele.

chord ukulele

Untuk kunci dasar dalam memainkan ukulele mungkin cukup gampang, namun untuk Mayor dan minor sedikit lebih rumit. Pada cord Mayor dasar biasanya dibentuk dari tiga nada pada setiap senar yang dimainkan secara bersamaan. Cord ini biasanya digunakan untuk memainkan lagu yang ceria.
  • Untuk memainkan C Mayor, Letakan jari manis pada senar 4 pada Fret ketiga
  • Untuk memainkan F Mayor, Tempatkan jari telunjuk anda pada senar 2 di Fret pertama dan jari manis pada senar pertama di  fret kedua.
  • Kemudian untuk memainkan kunci G Mayor, Tempatkan jari telunjuk anda pada senar 3 pada Fret kedua, Jari tengah pada senar 4 pada Fret kedua dan jari manis anda pada senar 2 pada fret ketiga.
  • memainkan A Mayor, tempatkan jari telunjuk anda pada senar 3 di Fret pertama dari jari tengah anda pada senar 1 pada Fret kedua.
  • Untuk memainkan kunci D Mayor, Tempatkan jari tengah anda pada senar 1 pada Fret kedua, jari manis anda pada senar 2 pada Fret kedua dan jari kelingking anda pada senar 3 pada Fret kedua.
  • Untuk memainkan kunci E Mayor, Tempatkan jari telunjuk anda pada senar 4 pada Fret pertama, kemudian jari tengah anda pada senar 1 pada Fret kedua dan jari kelingking anda pada senar 3 pada Fret keempat.
Untuk mempelajari chord minor dasar. Chord mayor ini biasanya dibentuk dari 3 nada dari setiap senar yang dimainkan secara bersamaan. Chord ini biasanya digunakan untuk lagu-lagu bernada suram.

chord ukulele
  • Pada kunci A Minor, Letakan jari tengah pada senar 1 dari Fret kedua.
  • Untuk Memainkan G Minor, Tempatkan jari telunjuk anda pada senar 4 pada Fret kedua dari jari manis anda pada senar 3 pada Fret keempat.
  • Untuk memainkan chord D Minor. Tempatkan jari telunjuk anda pada senar 2 pada Fret pertama, jari tengah anda pada senar 1 pada Fret kedua dan jari manis anda pada senar 3 pada fret kedua.
  • Kunci F# atau Gb Minor, Tempatkan jari telunjuk anda pada senar 3 pada Fret pertama, jari tengah anda pada senar 1 pada Fret kedua dan jari manis anda pada senar 2 pada Fret kedua.
  • Untuk memainkan chord B Minor, tekan semua senar 2,3 dan 4 pada Fret kedua dengan jari telunjuk anda dan senar 1 ditekan pada Fret keempat dengan menggunakan jari manis anda.
3. Memainkan Ukulele
Untuk memainkan ukulele, mungkin ada tahapan yang harus dilalui terlebih dahulu. Tahapan yang pertama yaitu Terus Pelajari Ukulele Anda, Pelajari Suatu Lagu, dan Berlatih Setiap Hari.

melatih skill bermain ukulele

Untuk terus mempelajari Ukulele, mungkin chord-chord dasar harus benar-benar hafal terlebih dahulu. Berlatih setiap kunci dasar setiap hari, supaya anda bisa mahir memainkannya. Selain menghafal chord pada ukulele mungkin anda harus mengatur juga ritme permainan anda.
  • Mempelajari ritme anda saat memetik senar pada ukulele.
  • Hitung gingga 4 saat anda memetik ukulele anda untuk menjaga supaya time permainan anda tetap stabil.
  • jika kesulitan menjaga ritme permaianan, mungkin anda bisa menggunakan Metronom untuk membantu anda menjaga ritme.
  • jangan bermain terlalu cepat pada saat anda baru mempelajari ukulele, cobalah untuk bermain lambat namun stabil hingga ritme petikan anda cukup bagus.
Lanjut ke tahap berikutnya untuk mempelajari suatu lagu. setelah anda bisa menguasai seluruh chord atau kunci pada ukulele dengan baik, cobalah untuk belajar memainkan lagu-lagu yang anda sukai.

bermain ukulele
  • Banyak buku musik yang mengajarkan anda bagaiamana cara untuk bermain ukulele bagi pemula yang bisa anda dapatkan di toko buku terdekat.
  • Jika ingin mempelajari cara memainkan lagu kesukaan anda dengan menggunakan ukulele anda, anda juga bisa mecari chord-chord secara online. 
Mungkin dengan mempelajari suatu lagu, anda bisa lebih mahir lagi dalam memindahkan chord. Selanjutnya anda lanjutkan dengan berlatih setiap hari. Teruslah berlatih selama 20 hingga 30 menit setiap hari supaya anda bisa memainkan ukulele dengan baik.
***
Tag : Musik
1 Komentar untuk "3 Cara Memainkan Ukulele"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top